SKRIPSI

Penulis / NIM
ROBIATUL ADAWIYAH NASARU / 941418025
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMET SULILA, S.E., M.Si / 0018037802
Abstrak
ROBIATUL ADAWIYAH NASARU. 941418025. 2022. Kualitas Pelayanan Publik Di Uptd Museum Purbakala Provinsi Gorontalo. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo dengan pembimbing I Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si dan dosen pembimbing II Dr. Ismet Sulila S.E, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kualitas Pelayanan Publik di UPTD Museum Purbakala Provinsi Gorontalo dan (2) Faktor-faktor yang menentukan Kualitas Pelayanan Publik di UPTD Museum Purbakala Provinsi Gorontalo. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Kualitas pelayanan publik di UPTD Museum Purbakala Provinsi Gorontalo sudah diterapkan dimensi yaitu Responsiveness, Tangibel, Communications, Consumables dan Empathy beserta indikatornya. Pada dimensi Responsiveness dan dimensi Empathy sudah berjalan dengan baik seperti pegawai memiliki kesiapan untuk menyambut, menyapa dan merespon pengunjug meminta bantuan dengan cepat dan tepat, serta pegawai menunjukan sikap yang ramah, sopan dan tidak diskriminatif kepada pengunjung yang datang di museum. Namun ada beberapa dimensi dan indikator yang belum berjalan dengan baik, antara lain dimensi Tangibel yaitu fasilitas sarana prasarana tempat pelayanan belum lengkap, dimensi Communications yaitu keterangan informasi museum di karenakan tidak tepatnya tata letak keterangan informasi maupun koleksi benda yang akan menyulitkan pengunjung dalam proses pelayanan, dimensi Consumables yaitu layanan habis pakai yang disediakan oleh museum yaitu belum adanya kantin resmi museum maupun toko souvenir yang digunakan sebagai salah satu daya tarik museum untuk dikunjungi oleh pengunjung. (2) Faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan publik di UPTD Museum Purbakala Provinsi Gorontalo belum dikatakan berjalan dengan baik dari faktor organisasi, faktor kemampuan keterampilan, dan faktor sarana pelayanan, karena masih terkendala dalam hal dana (anggaran) yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan pada museum, masih dibutuhkan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan keterampilan pegawai, dan perlu penambahan fasilitas yang diperlukan dalam proses pelayanan dan pengelolaan dari museum itu sendiri. Kata kunci : Pelayanan Publik ABSTRACT ROBIATUL ADAWIYAH NASARU, 941418025 2022. Quality of Public Services at UPTD Museum Purbakala (Regional Technical Executing Unit for Archacological Museum) of Gorontalo Province. Department of Public Administration. Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si. and the Co-supervisor is Dr. Ismet Salila S.E. M.S This study aims to know (1) the quality of public services at the UPTD Museum Purbakala of Gorontalo Province and (2) the determining factors of the quality of public services at the UPTD Muscum Purbakala of Carontalo Province. This is a qualitative descriptive study using observation, interview, and documentation as the data collection techniques. The finding shows that (1) Public services at the UPTD Museums Purbakala of Gorontalo Province have implemented the Responsiveness, Tangible Communications, Consumables, and Empathy dimensions along with their indicators The Responsiveness and Empathy dimensions have gone well, such as employees who are ready to welcome, greet and respond quickly and accurately to visitors who ask for help and show a friendly, polite, and non-discriminatory attitude to visitors. However, there are several dimensions and indicators that have not gone well, including the Tangible dimension, which is the infrastructure and facilities for service are not yet complete, the Communications dimension, which is the inaccurate layout of information and collections of objects that will make it difficult for visitors in the service process; the dimension of Consumables, which is the absence of an official museum canteen or souvenir shop that is used as one of the attractions of the museum to visit. (2) The determining factors of the quality of public services in the UPTD Museum Purbakala of Gorontalo Province have not been running well from organizational factors, skills and ability factors, and service facilities factors. There are still constraints in terms of the funds (budget) needed to carry out activities at the museum, training is still needed to improve the skills of employees, and the lack of facilities in the service poolsind gangement of the museum itself. Keywords: Public Service
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011