Penulis / NIM
MERISCHA MUSA / 941418067
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, SPd, M.Si / 0028097104
Abstrak
ABSTRAK
Meriscka Musa. 941418067. 2022. Kualitas Pelayanan Publik Pada Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I: Dr. H. Rosman Ilato, Mpd dan Pembimbing II : Dr. Irawaty Igirisa, S.Pd M.Si
Pelayanan publik adalah perihal kemudahan yang diberikan kepada masyarakat sehubungan dengan barang dan jasa. Dalam prakteknya di pemerintahan, negara berkewajiban melayani dalam pengertian memberikan pelayanan publik kepada setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya. Setiap orang punya hak untuk mendapatkan pelayanan, termasuk pelayanan kesehatan yang aman dan terjamin, terjangkau dan bermutu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kualitas pelayanan publik pada pasien rawat jalan di Puskesmas Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian bersifat deskriptif dengan analisis kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk data primer sebagai informan adalah Pegawai Puskesmas Bonepantai, serta pasien rawat jalan. Sedangkan untuk data sekunder dilakukan melalui penelusuran seperti buku, artikel, jurnal-jurnal serta situs internet yang relevan dengan penelitian ini. Tehnik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk Teknik analisis datanya adalah data reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Puskesmas Bonepantai sudah baik, cepat dan tanggap sesuai dengan standar operasional prosedur pelayanan Kesehatan dan hal ini menjadi salah satu harapan serta bagi masyarakat agar kulitas pelayanan yang ada di Puskesmas Bonepantai bisa dipertahankan bahkan di tiingkatkan lebih baik lagi kedepannya.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan
ABSTRACT
Meriska Musa. 941418067. 2022. Quality of Public Services for Outpatients at the Bonepantai Health Center, Bone Bolango Regency. S1 Public Administration, Faculty of Social Sciences, State University of Gorontalo with Advisor I: Dr. H. Rosman Ilato, Mpd and Advisor II : Dr. Irawaty Igirisa, S.Pd M.Si
Public services are about the facilities provided to the public in connection with goods and services. In practice in government, the state is obliged to serve in the sense of providing public services to every citizen and resident to fulfill their basic rights and needs. Everyone has the right to get services, including health services that are safe and secure, affordable and of good quality.
This study aims to determine and describe the quality of public services in outpatients at the Bonepantai Health Center, Bone Bolango Regency. The research method is descriptive with qualitative analysis. The data used are primary data and secondary data. For primary data as informants are employees of the Bonepantai Health Center, as well as outpatients. Meanwhile, secondary data is carried out through searches such as books, articles, journals and internet sites that are relevant to this research. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews, and documentation. Then for the data analysis techniques are data reduction, display data, and drawing conclusions.
The conclusion of the research shows that the quality of public services at the Bonepantai Health Center is good, fast and responsive in accordance with standard operating procedures for health services and this is one of the hopes and for the community so that the quality of services at the Bonepantai Health Center can be maintained and even improved. again in the future
Keywords: Public Service, Service Quality, Health Service
Download berkas