Penulis / NIM
IZHAR MOHAMAD YUNUS / 941418073
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YANTI ANETA, S.Pd, M.Si / 0004077802
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JURIKO ABDUSSAMAD, M.Si / 0023076707
Abstrak
Fokus Penelitian ini membahas tentang: (1) Efektifitas Pelayanan Sistem
Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) di Kantor Wilayah
Kementerian Agama Provinsi Gorontalo dengan indikator (a) Waktu Pelayanan,
(b) Kecermatan Pelayanan, (c) Gaya Pemberi Pelayanan; (2) Faktor-Faktor yang
Menentukan Efektivitas Pelayanan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji
Terpadu (SISKOHAT) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo
meliputi (a) Persyaratan, (b) Sistem, Mekanisme dan Prsedur, (c) Biaya/tarif, (d)
Produk Pelayanan, (e) Penanganan Pengaduan; Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif-deskriptif, sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan: (1) Efektivitas pelayanan haji
yang diberikan pihak Kantor Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Khususnya
di bidang Penyelengara Haji Dan Umrah ditinjau dari aspek Waktu, Kecermatan,
dan Gaya Pemberi Pelayanan telah menunjukkan pelayanan yang baik terhadap
calon jamaah haji karena telah memberikan transformasi sistem pelayanan digital,
pelayanan yang cermat, inovatif dan mampu merespon dan memahami kebutuhan
CJH, serta baik, ramah, sopan, dan responsif ; (2) Faktor-Faktor yang
Menentukan Efektivitas Pelayanan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji
Terpadu (SISKOHAT) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo
ditinjau dari sisi Persyaratan, Sistem, Mekanisme dan Prsedur, Biaya/tarif,
Produk Pelayanan, Pengaduan menunjukkan bahwa Haji dan Umrah sudah
dilaksanakan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan mengikuti
peraturan yang sudah ditetapkan. Hanya ada beberapa aspek yang belum
dilaksanakan sepenuhnya seperti penyampaian informasi ke publik mengenai
persyaratan pelayanan, prosedur dan alur pelayanan kepada masyarakat yang
belum ter-update melalui sistem, dan juga penyampaian informasi rincian biaya
dalam pelayanan yang belum sepenuhnya di informasikan secara masif calon
jamaah haji.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Sistem Informasi Dan Komputerisasi
Haji Terpadu, SISKOHAT
Download berkas