Penulis / NIM
						IZHAR MOHAMAD YUNUS / 941418073
						Program Studi
						S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr. YANTI ANETA, S.Pd, M.Si / 0004077802
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dr. JURIKO ABDUSSAMAD, M.Si / 0023076707
						Abstrak
						Fokus Penelitian ini membahas tentang: (1) Efektifitas Pelayanan Sistem 
Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) di Kantor Wilayah 
Kementerian Agama Provinsi Gorontalo dengan indikator (a) Waktu Pelayanan, 
(b) Kecermatan Pelayanan, (c) Gaya Pemberi Pelayanan; (2) Faktor-Faktor yang 
Menentukan Efektivitas Pelayanan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji 
Terpadu (SISKOHAT) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo
meliputi (a) Persyaratan, (b) Sistem, Mekanisme dan Prsedur, (c) Biaya/tarif, (d) 
Produk Pelayanan, (e) Penanganan Pengaduan; Metode yang digunakan dalam 
penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif-deskriptif, sedangkan teknik 
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan 
dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan: (1) Efektivitas pelayanan haji 
yang diberikan pihak Kantor Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Khususnya 
di bidang Penyelengara Haji Dan Umrah ditinjau dari aspek Waktu, Kecermatan, 
dan Gaya Pemberi Pelayanan telah menunjukkan pelayanan yang baik terhadap
calon jamaah haji karena telah memberikan transformasi sistem pelayanan digital, 
pelayanan yang cermat, inovatif dan mampu merespon dan memahami kebutuhan
CJH, serta baik, ramah, sopan, dan responsif ; (2) Faktor-Faktor yang 
Menentukan Efektivitas Pelayanan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji 
Terpadu (SISKOHAT) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo
ditinjau dari sisi Persyaratan, Sistem, Mekanisme dan Prsedur, Biaya/tarif, 
Produk Pelayanan, Pengaduan menunjukkan bahwa Haji dan Umrah sudah 
dilaksanakan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan mengikuti 
peraturan yang sudah ditetapkan. Hanya ada beberapa aspek yang belum 
dilaksanakan sepenuhnya seperti penyampaian informasi ke publik mengenai 
persyaratan pelayanan, prosedur dan alur pelayanan kepada masyarakat yang 
belum ter-update melalui sistem, dan juga penyampaian informasi rincian biaya 
dalam pelayanan yang belum sepenuhnya di informasikan secara masif calon 
jamaah haji.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Sistem Informasi Dan Komputerisasi 
Haji Terpadu, SISKOHAT
						Download berkas