Penulis / NIM
KARMILA ARIPIN / 941418081
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YAKOB NOHO NANI, S.Pd., M.Si / 0021117506
Abstrak
ABSTRAK
KARMILA ARIPIN. 941418081. 2022 Kinerja Pelayanan Haji Dan Umrah Di Asrama Haji Provinsi Gorontalo. Program S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo dengan pembimbing I Dr. Rustam Tohopi S.Pd, M.Si dan dosen pembimbing II Dr. Yacob Noho Nani, S.Pd,M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kinerja Pelayanan Haji Dan Umrah Di Asrama Haji Provinsi Gorontalo dan (2) Faktor penentu Kinerja Pelayanan Haji Dan Umrah Di Asrama Haji Provinsi Gorontalo. dilihat menggunakan teori Robbins dan juga menggunakan teori Moenir (2015: 88). Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumenter.
Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisa di lapangan bahwa (1) Kinerja Pelayanan Haji Dan Umrah Di Asrama Haji Provinsi Gorontalo, dalam penelitian ini peneliti menggunakan enam aspek dalam mengukur Kinerja Pelayanan Haji Dan Umrah Di Asrama Haji Provinsi Gorontalo yaitu. Kualitas kinerja, Kuantitas Kinerja, Ketepatan Waktu, Efektifitas, Kemandirian dan Komitmen kerja. melihat dari hasil penelitian keenam aspek tersebut disimpulkan bahwa Kinerja Pelayanan Haji Dan Umrah Di Asrama Haji Provinsi Gorontalo sudah baik hanya saja ada beberapa kendala yang masih perlu di tingkatkan lagi contohnya dari segi sarana dan prasarana yang digunakan kemudaian dari ketegasan sanksi belum diterapkan dengan baik dan masih ada karyawan yang perlu meningkatkan skilnya dalam menggunakan tehknologi dalam proses pelayanan. Hal inilah yang menjadi perhatian untuk para aparatur yang ada di asrama haji provinsi gorontalo agar kiranya bisa meningkatkan kinerjanya agar lebih efektif kedepannya. (2) Faktor penentu Kinerja Pelayanan Haji Dan Umrah Di Asrama Haji Provinsi Gorontalo. dalam penelitian ini peneliti menggunakan enam aspek yaitu. Faktor Kesadaran, Faktor Aturan, Faktor Organisasi, Faktor Pendapatan, Faktor Kemampuan dan Faktor Sarana Pelayanan. Dengan melihat hasil penelitian keenam aspek tersebut disimpulkan bahwa faktor-faktor tersebut sangat berpengaruh serta menentukan Kinerja Pelayanan Haji Dan Umrah Di Asrama Haji Provinsi Gorontalo dan faktor-fator tersebut telah terlaksanan dengan baik hanya ada beberapa kendala yng mempengaruhi kinerja dari pelayann haji tersebut misalanya faktor aturan serta faktor kesadaran yang karyawan di Asrama Haji Provinsi Gorontalo masih belum menaati dengan baik. Dan hal inilah yang menjadi perhatian bagi aparatur yang ada di asrama haji agar kirannya bisa lebih meningkatkan kinerjanya agar bisa memberikan pelayanan yang baik di asrama haji provinsi gorontalo.
Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan, Asrama Haji Provinsi.
ABSTRACT
KARMILA ARIPIN. Student ID Number 941418081. 2022. Performance of Hajj and Umrah Services in Gorontalo Hajj Dormitory. Undergraduate Thesis. Study Program of Public Administration, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si, and the co-supervisor is Dr. Yacob Noho Nani, S.Pd., M.Si.
This study aims to determine (1) the performance of Hajj and Umrah services in Gorontalo Hajj Dormitory and (2) the determinants of the performance of Hajj and Umrah services in Gorontalo Hajj Dormitory. The research employed the Robbin's theory and Moenir theory (2015: 88). This research applied a qualitative method with a descriptive approach. Data were collected through interview, observation, and documentation.
The results indicated that (1) the performance of Hajj and Umrah services in the Gorontalo Hajj Dormitory was measured from six aspects, namely performance quality, performance quantity, punctuality, effectiveness, independence, and work commitment. The result of measurement denoted that the performance of Hajj and Umrah services was good. Nevertheless, there were still some challenges that still need to be resolved, such as the facilities and infrastructure used, the firmness of the sanctions that have not been implemented properly, and several employees' skills in using technology in the service process required an improvement. These problems should be a concern for the apparatus in the Gorontalo Hajj Dormitory to improve their performance so that the service could be more effective in the future. (2) The determinants of performance of Hajj and Umrah services in Gorontalo Hajj Dormitory evaluated from six aspects, namely awareness factor. rules factor, organizational factor, income factor, ability factor, and service facilities factor were implemented well. In accordance with the findings, the factors were highly influential and decisive for the performance of Hajj and Umrah services in the Gorontalo Hajj Dormitory. Nevertheless, there were only a few obstacles that affecting the performance of Hajj services, including the rules factor and the awareness factor in which the employees at the dormitory had yet to obey them well. Therefore should also be a concern for the apparatus in the Gorontalo Hajj dormitop 10 further improve their performance in providing good services.
Keywords: Performance, Service, Provincial Hajj Dormitory
Download berkas