Penulis / NIM
GHINA QALBINA KANGO / 941418098
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SRI YULIANTY MOZIN, S.T., MPA / 0006077509
Abstrak
ABSTRAK
GHINA QALBINA KANGO. 941418098. 2022. Efektivitas Pelayanan Parkir Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Hasil penelitian. Program Studi S1 Administrasi Publik Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof Dr. Asna Aneta, M.Si. dan Pembimbing II: Dr. Sri Yulianty Mozin, S.T., MPA.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan parkir dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Gorontalo? Untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat efektivitas pelayanan parkir dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Gorontalo?
Pendekatan penelitian ini yakni kualitatif dimana jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis Observasi (Pengamatan), In-dept Interview Analysis (Wawancara Mendalam), Studi Dokumentasi dan Focus Group Discussian.
Hasil penelitian bahwa 1) pelayanan parkir dilihat dari aspek pencapaian tujuan sudah terwujud, namun belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Gorontalo. Hal ini karena capaian hasil retribusi yang diperoleh setiap bulan belum memenuhi target dan sasaran sebagai akibat pandemic Covid-19. Aspek integrasi Temuan penelitian bahwa pelayanan parkir dilihat dari aspek integrasi sudah terwujud secara efektif. Hal ini karena adanya prosedur yang mengatur proses pelayanan parkir di Kota Gorontalo, serta adanya sosialisasi mengenai Perda No 5 Tahun 2020 tentang Retribusi Jasa Umum. Aspek adaptasi Temuan penelitian bahwa pelayanan parkir dilihat dari aspek adaptasi sudah terwujud, namun belum efektif dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Gorontalo. Hal ini karena sarana dan prasarana pelayanan parkir digital belum diadaptasikan untuk dioperasikan dalam pelayanan parkir di Kota Gorontalo. 2) factor-faktor yang menentukan efektivitas pelayanan parkir dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah yaitu: 1) Sumber Daya Manusia, temuan penelitian bahwa sumber daya manusia menjadi faktor yang mendukung dalam efektivitas pelayanan parkir, karena memiliki jumlah tenaga keparkiran yang cukup di setiap titik parkir, dan sudah memiliki kompetensi yang memadai. 2) Sarana dan Prasarana, temuan penelitian bahwa sarana dan prasarana menjadi faktor yang menghambat dalam efektivitas pelayanan parkir, karena belum ada pemanfaatan digitalisasi dalam pengelolaan parkir. 3.) Kesadaran dari Masyarakat temuan penelitian bahwa kesadaran masyarakat menjadi faktor yang mendukung karena masyarakat sudah memahami tentang pentingnya membayar parkir.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Parkir, Pendapatan Asli Daerah
ABSTRACT
GHINA QALBINA KANGO. 941418098. 2022. Effectiviness of Parking Services In Increasing Local Revenue. Undergradue Thesis. Bachelor���s Degree Program in Public Admnisitration, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Prof Dr. Asna Aneta, M.Si., and the Co-supervisor is Dr. Sri Yulianty Mozin, S.T., MPA.
This study aims to know the effectiveness of parking services increasing the Local Revenue of Gorontalo City, and to know the determining and hindering factors of the parking service in increasing the Local Revenue of Gorontalo City.
This is a descpritive study using a qualitative approach. The data collection thecnique uses observation, interview, and documentation
The finding shows that: 1) Parking services seen from the aspect of goals achievement have been realized but not been fully effective in increasing the Local Revenue of Gorontalo City. This is because the achievement of retribution obtained every month has not met the target due to the covid-19 pandemic. Parking services seen from the aspect of integration have been realized effectively. This is because there are procedures that regulate the parking services process in Gorontalo City, as well as socialization regarding Regional Regulation No 5 of 2020 concerning Public Services Retribution. Parking services seen from the aspect f adaptation have been realized but have not been effectictive in increasing the Local Revenue Gorontalo City. This is because the facilities and infrastructure for digital parking services have not been adapted to be operated in parking services in Gorontalo City. 2) the determining and hindering factors of the effectiveness of parking services in increasing the local Revenue are: a) Human resources, in which it becomes the determining factor of the effectiveness of parking services because it has sufficient parking personal at each parking lot which already has good competence. b) facilities and infrastructure, which it becomes the hindering factor to the effectiviness of parking services because there is no use of digitization in parking because the community is aware of the importance of paying for parking.
Keywords: Effectiveness, Parking Services, Local Revenue
Download berkas