SKRIPSI

Penulis / NIM
MOH. GALANG PUTRA VALENTINO JANTU / 941418107
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Drs. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K., M.Si / 0016026604
Abstrak
MOH. GALANG PUTRA VALENTINO JANTU. 941418107, 2022. KUALITAS PELAYANAN BERBASIS E-GOVERNMENT DI SAMSAT KOTA GORONTALO. Skripsi Program S1 Administrasi Publik, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo dengan pembimbing I Dr. H, Rosman Ilato, M.Pd dan pembimbing II Dr. H, Zuchri Abdussamad, S.I.K, M.Si. Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui 1.Kualitas Pelayanan berbasis e-government pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Dilihat dari apek: Tangibles, Reliability, Emphaty, Responsiviness, dan Assurance. 2. Faktor determinan kualitas pelayanan e-government pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Dilihat dari aspek: Infrastruktur telekomunikasi, Kesiapan Sumber Daya Manusia, dan Perangkat hukum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian berjumlah 7 (tujuh) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari Penelitian ini adalah 1. Kualitas Pelayanan berbasis e-government di Kantor Samsat Kota Gorontalo sudah berjalan secara maksimal. fisik dari pelayanan e-samsat, pihak Samsat Kota Gorontalo sudah menyediakan bentuk fisik yang berupa sarana dan prasanan baik berupa alat pembatu elektronik atau alat tulis menulis dan juga alat tulis kantor yang disediakan dalam penunjang pelayanan e-samsat. atau empaty yang diberikan sangat mempengaruhi pelayanan e-government dalam hal ini adalah e-samsat. Hal ini tentunya sangat mendukung pelayanan e-government dapat terlaksana dengan baik karena pegawai yang bertugas dalam pemberian pelayanan merupakan faktor penunjang utama dalam merespon permasalahan yang ada di lapangan. Akan tetapi sumber daya manusia atau pengguna layanan e-samsat masih banyak yang kurang memahami bagaimana pelayanan berbasis elektronik, masyarakat masih beranggapan bahwa pembayaran pajak walaupun sudah dilaksanakan secara online tetapi masih harus ke kantor Samsat Kota Gorontalo untuk menyelesaikan pembayaran. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan berbasis E-government ABSTRACT MOH. GALANG PUTRA VALENTINO JANTU. 941418107, 2022. E-GOVERNMENT-BASED SERVICE QUALITY AT GORONTALO CITY SAMSAT. Undergraduate thesis, Bachelors Degree Program in Public Administration, Departement pf Public Administration, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor is Dr.H. Rosman Ilato, M.Pd. and the co-supervisor is Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K, M.Si. The objective of this research is to determine. 1. E-government-based sservice quality at the Gorontalo City SAMSAT (One-stop Administration System) Office is viewed from the aspects of Tangibles, Reliability, Emphaty, Responsiveness, and Assurance. 2. The determinant of the quality of e-government service at the Gorontalo City SAMSAT Office is viewed from the aspects of Telecommunication Infrastructure, Readiness od Human Resources, and Legal Instruments. This research employs qualitative approach with a descriptive method where the research informants are 7 (seven) people. The data collection is done through observation, interview, and documentation. Meanwhile, the data analysis techniques are performed through data reduction, data display, and conclusion drawing. The research findings are 1. The e-goverment-based service quality at the Gorontalo City SAMSAT Office has been running optimally. In physica; services, the office has provided facilities and infrastructure, both in the form of electronic assistance tools or stationery and office stationery provided to support e-Samsat services, which n this case is e-Samsat. Additionaloly, the e-government service have been running well beacuse the employees to existing problems in the field, have performed well too. However, several e-Samsat service users still do not understand how electronic-based services are. People still think paying taxes online requires going to the Gorontalo City SAMSAT office to complete payment. Keywords: E-government-based Service Quality.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011