SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD SHANDI PUTRA / 941418108
Program Studi
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YAKOB NOHO NANI, S.Pd., M.Si / 0021117506
Abstrak
ABSTRAK Muhammad Shandi Putra. 941418108. 2022.Manajemen Pelayanan Administrasi Di Rumah Sakit Otanaha Gorontalo. Program S1 Administrasi Publik, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo dengan pembimbing I Rustam Tohopi S.Pd,M.Si dan pembimbing II Dr. Yacob Nani, S.Pd, M.Si. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1. Manajemen Pelayanan Administrasi Di Rumah Sakit Otanaha Gorontalo, yang dikaji dari: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, 4) Pengawasan, dan 5) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian berjumlah delapan (8) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah Manajemen Pelayanan Administrasi Di Rumah Sakit Otanaha Gorontalo, yang hal tersebut dilihat dari : a) tahap perencanaan ini belum dianggap sebagai suatu hal krusial oleh pihak rumah sakit terlihat masih terbatasnya kepedulian pada kesiapan kerja baik pada tahap manajemen maupun proses eksekusi. b) proses pengorganisasian dengan pelatihan melibatkan banyak instansi dalam Rumah Sakit Otanaha Kota Gorontalo, Bahwa dikarenakan tiap pelatihan memiliki materi yang berbeda tiap tahunnya sehingga unit kerja yang berbeda akan terlibat sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan. c) pada tahap pelaksanaan pelayanan administrasi dimulai dengan penentuan penerapan kualitas pelayanan yang akan diberikan. d) proses pengawasan yang dilakukan oleh manajemen rumah sakit ialah mengamati dan mengalokasikan dengan tepat penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. e) pada tahap evaluasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat erat kaitannya dengan kemampuan dalam manajemen informasi pelanggan berbasis data. Kata Kunci: Manajemen, Pelayanan, Administrasi ABSTRACT Muhammad Shandy Putra. 941418108. 2002. Management of Administrative Service at Otanaha Hospital Gorontalo. Bachelor������s Degree Program in Public Administration. Department of of Public Administration, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Gorontalo, the principal supervisor is Dr. Rustam Tohopi S.Pd., M.Si., and the co-supervisor is Dr. Yacob Nani, S.Pd., M.si. This study aims to find out and describe the Management of Administrative Service at Otanaha Hospital Gorontalo, wich is studiednfrom 1) planning, 2) Oerganizing, 3) Implementation, 4) Supervisiom, and 5) Evalution. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The research informants include eight (8) people. Data are collected thought observation, interviews, and documentation. The data analysis technique is conducted by data reduction, data presentation, and writing conclusions. The conclution is the Management of Administrative Service a Otanaha Hospital Gorontalo, wich can be seen from: a) the planning stage that has not been considered a crucial thing by the hospital, it appears that there is still a limited concern for work readiness both at the management and execution process stage. b) the organizing process with training involved many agency in Otanaha Hospital, Gorontalo City, that due each training has different materials aech year so defferent work units will be involved following the qualification appointed. c) at the stage of implementing administrative sevices begins with determining the implementayion of sevices quality to be provided. d) the supervision process conducted by hospital management is to observes and allocate the deviations that occur appropriately. e) at the evaluation stage, improving the quality of human resources is closely related to the ability in data-based customer information management. Keywords: Management, Service, Administration
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011