THESIS

Penulis / NIM
ERAWATI S. BOUTA / 703516008
Program Studi
Pendidikan Matematika
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Evi P. Hulukati, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. Ali Kaku, M.Pd / 0004025603
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan bahan ajar materi bilangan bulat dengan model pembelajaran berbasis saintifik. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Suwawa yang berfokus pada perangkat pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Penelitian ini telah dilaksanakan berdasarkan prosedur pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dikenal dengan model 4 D terdiri dari empat tahap pengembangan yakni (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), (4) tahap penyebaran (disseminate) yang dimodifikasi pada bagian-bagian tertentu. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis saintifik menggunakan model 4 D ini didasarkan pada validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan bahan ajar oleh para ahli dan pemberian angket respon oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika materi bilangan bulat berdasarkan model pembelajaran berbasis saintifik berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh interprestasi rata-rata penilaian menunjukkan cukup sesuai, sesuai dan sangat sesuai dengan indeks validasi isi memperoleh keputusan valid, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) memperoleh interprestasi rata-rata penilaian menunjukkan sesuai dan sangat sesuai dengan indeks validasi isi memperoleh keputusan valid dan bahan ajar memperoleh interprestasi rata-rata penilaian menunjukkan cukup sesuai, sesuai dan sangat sesuai dengan indeks validasi isi memperoleh keputusan valid. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat yang dibuat sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, respon siswa menunjukkan sikap positif. Dari tahapan-tahapan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika materi bilangan bulat dengan pendekatan sainstifik yang telah dikembangkan layak digunakan.
Download berkas

ARSIP

2022
Thesis tahun 2022
2021
Thesis tahun 2021
2020
Thesis tahun 2020
2019
Thesis tahun 2019
2018
Thesis tahun 2018
2017
Thesis tahun 2017
2016
Thesis tahun 2016
2015
Thesis tahun 2015
2014
Thesis tahun 2014
2013
Thesis tahun 2013
2012
Thesis tahun 2012
2011
Thesis tahun 2011