Penulis / NIM
SUTARMIN MADJID / 703516013
Program Studi
Pendidikan Matematika
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. Ali Kaku, M.Pd / 0004025603
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang prestasi belajar matematika dan gaya berpikir dari peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desian penelitian desain faktorial ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri 1 Bulango Selatan semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes prestasi belajar matematika dan gaya berpikir matematika. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika dari peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari pendekatan konvensional, (2) Prestasi belajar matematika dari peserta didik yang memiliki gaya berpikir divergen lebih tinggi dari gaya berpikir konvergen, (3) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gaya berpikir matematika terhadap prestasi belajar matematika, (4) Prestasi belajar matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual dengan gaya berpikir divergen lebih tinggi dari peserta didik dengan gaya berpikir konvergen, (5) Prestasi belajar matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional dengan gaya berpikir divergen lebih rendah dari peserta didik dengan gaya berpikir konvergen, (6) Prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya berpikir matematika divergen yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional, (7) Prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya berpikir matematika konvergen yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih rendah dibandingkan dengan pendekatan konvensional.
Download berkas