Penulis / NIM
Mutmain Tangkudung / 704516025
Program Studi
Pendidikan Dasar
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Sukarman Kamuli, M.Si / 0006066707
Abstrak
Mutmain Tangkudung. 704 516 025. 2018. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Lingkungan Sekolah Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Hasil Belajar IPS Di Kelas V SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd dan Bapak Dr. Sukarman Kamuli, M.Si
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di sekolah dasar Negeri 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. (2) hubungan antara partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 6 Tilongkabila kabupaten Bone Bolango. (3) hubungan antara persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dan partispasi siswa dalam pembelajaransecara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di sekolah dasar Negeri 6 Tilongkabila Kabupaten Bone BolangoPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) secara parsial persepsi siswa tentang lingkungan sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan Hasil belajar IPS di Kelas V SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango sebesar 67,2% dengan kriteria cukup erat. (2) Secara parsial partisipasi siswa dalam pembelajaran memiliki hubungan positif dan signifikan dengan Hasil belajar IPS di Kelas V SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango sebesar 66,5% kriteria cukup erat. (3) Secara simultan persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dan Partisipasi siswa dalam pembelajaran memiliki hubungan yang positif dengan Hasil belajar IPS di Kelas V SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango sebesar 74,4%. Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dan Partisipasi siswa dalam pembelajaran memiliki hubungan yang cukup erat dengan variabel Hasil belajar IPS.
Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Partisipasi Siswa, Hasil Belajar
Download berkas