Penulis / NIM
Hanifa Hako / 704517010
Program Studi
Pendidikan Dasar
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Abdul Hamid Isa, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd / 0022087203
Abstrak
Permasalahan penelitian apakah dengan menggunakan media grafis dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kerjasama pada anak kelompok A di TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kerjasama Melalui Media Grafis Pada Anak Kelompok A di TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 orang anak terdapat 3 orang anak (20%) yang sudah mampu mengikuti pembelajaran tentang kemampuan kognitif dan kerjasama. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I kemampuan kognitif anak menunjukkan peningkatan menjadi 7 orang anak (47%) dan untuk kemampuan kerjasama anak juga menunjukkan peningkatan menjadi 7 orang anak (47%). Dari penjelasan di atas data tersebut belum sesuai dengan indikator keberhasilan, kemudian dilanjutkan dengan siklus II dan hasil belajar anak sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 80 %. Pada kemampuan kognitif anak menunjukkan peningkatan menjadi 12 orang anak (80%) dan untuk kemampuan kerjasama anak juga menunjukkan peningkatan yang sama menjadi 12 orang anak (80%).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan kognitif dan kerjasama pada anak kelompok A di TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui media grafis.
Kata Kunci : kemampuan kognitif dan kerjasama, media grafis.
Download berkas