Penulis / NIM
I Kadek Satria Arsana / 713516019
Program Studi
Pendidikan Ekonomi
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Heldy Vanni Alam, S.Pd., M.Si / 0030047602
Abstrak
I Kadek Satria Arsana. 713516019. 2019. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Pembimbing (I) Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si dan Pembimbing (II) Dr. Hj. Heldy Vanni Alam, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa secara parsial maupun secara simultan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden. Metode pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yaitu; (1) keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Gorontalo dengan nilai determinasi parsial sebesar 39,2%. (2) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Gorontalo dengan nilai determinasi parsial sebesar 25,6%. (3) Keterampilan mengajar guru dan Fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Gorontalo. Sementara itu untuk nilai determinan dapat dilihat bahwa Nilai Adjusted R Square, sebesar 0,639. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 63,9% variabilitas Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh Keterampilan mengajar guru dan Fasilitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut jika dilihat nilai determinasi parsial masing-masing variabel maka dapat dipastikan bahwa variabel keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa daripada fasilitas belajar siswa. namun, tidak bisa dipungkiri bahwa fasilitas belajar juga memiliki andil sebab fasilitas belajar merupakan faktor penunjang didalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar, Motivasi
Download berkas