Penulis / NIM
FIRDA LASULIKA / 750715020
Program Studi
Administrasi Pendidikan
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. Arfan Arsyad, M.Pd / 0004115702
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Asrin, M.Pd / 0031127115
Abstrak
Pengaruh Pengendalian Konflik, Budaya Sekolah, Dan
Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD
Di kecamatan Suwawa
Arfan Arsyad1
, Asrin2
, Firda Lasulika3
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh langsung
pengendalian konflik terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Suwawa, 2) Untuk
mengetahui pengaruh langsung budaya sekolah terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Suwawa, 3) Untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi kerja
terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Suwawa, 4) Untuk mengetahui pengaruh
langsung Pengendalian Konflik terhadap motivasi kerja guru SD di Kecamatan
Suwawa, 5) Untuk mengetahui pengaruh langsung budaya sekolah terhadap
motivasi kerja Guru SD di Kecamatan Suwawa.
Metode peneltian ini menggunakan kuantitatif, dengan teknik
pengumpulan data adalah interview (wawancara), kuesioner (angket), observasi
(pengamatan), dan dokumentasi (data tertulis). Serta Analisis data menggunakan
deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung
positif pengendalian konflik terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Suwawa, 2)
terdapat pengaruh langsung positif budaya sekolah terhadap kinerja guru SD di
Kecamatan Suwawa, 3) terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja
terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Suwawa, 4) terdapat pengaruh langsung
positif pengendalian konflik terhadap motivasi kerja guru SD di Kecamatan
Suwawa, 5) terdapat pengaruh langsung positif budaya sekolah terhadap motivasi
kerja Guru SD di Kecamatan Suwawa, artinya jika pengendalian konflik, budaya
sekolah, dan motivasi kerja baik, maka akan baik pula guru dalam meningkatkan
kinerjanya.
Kata kunci : Pengendalian Konflik, Budaya Sekolah, Motivasi Kerja Guru
dan Kinerja Guru
Download berkas