Peneliti
Nurhayati
Jenis Penelitian
Riset Akselerasi Asisten Ahli (RA3)
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Era globalisasi dan revolusi industri 4.0 ini, keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity) menjadi esensial bagi setiap siswa dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Karenanya, peran guru menjadi sangat signifikan dalam membantu mengembangkan keterampilan 4C pada siswa. Peningkatan keterampilan 4C terjadi melalui perencanaan, dukungan, evaluasi, dan pendekatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka adalah pendekatan berdiferensiasi. Pendekatan berdeferensiasi mampu mengakomodir kebutuhan siswa melalui gaya belajar yang beragam seperti kesiapan, minat, dan profil belajar, dalam satu kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Di masa depan, guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang adaptif, kreatif, dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam. Oleh karena itu, diperlukan inovasi bahan ajar digital yang dapat diakses dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan e-book berbasis keterampilan 4C Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan 3D Pageflip Profesional Untuk Pembelajaran IPA SMP. Metode penelitian yg digunakan yaitu Penelitian pengembangan dengan mengacu model pengembangan ADDIE [1] yang terdiri dari lima tahap sebagai berikut : 1) Analysis: studi lapangan dan studi literatur; 2) design: perancangan flowchart, perancangan storyboard, penyusunan materi, penyusunan instrumen penilaian dan pengumpulan bahan pendukung, 3) development : mengembangkan media lalu dilakukan uji validasi ahli materi dan validasi media ; 4) Implementation: uji coba terbatas dan uji coba skala luas. 5) Evaluation.
Penelitian ini diharapkan akan memberi kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan memberi kontribusi penting bagi dunia pendidikan dalam menghadapi tuntutan perkembangan teknologi. Sehingga penggunaan e-book berbasis keterampilan 4C melalui pendekatan berdiferensiasi untuk pembelajaran IPA menjadi inovasi unggulan untuk mengatasi kebutuhan dan gaya belajar siswa yang beragam untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa.
Berkas ini telah didownload sebanyak 9 kali