Author
Tedy Machmud
Subject
- Pendidikan
Abstract
Matematika mempunyai peran dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan pembelajaran matematika seharusnya menjadi perhatian serius khususnya bagi para ahli pendidikan matematika. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika adalah memperbaiki kondisi pembelajaran matematika itu sendiri. Hal ini dipandang sangat penting karena pembelajaran merupakan suatu kegiatan paling utama dalam pendidikan. Proses pembelajaran perlu dikelola secara sungguh-sungguh, karena peserta didik kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang mendorong peneliti mencoba untuk mengembangkan pembelajaran aktif berbasis penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk materi Bangun Ruang di kelas VIII SMP Se Provinsi Gorontalo.
Adapun tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing yang baik untuk materi bangun ruang di kelas VIII SMP. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel & Semmel yang terdiri dari tahap pendefinisian (define) dan perancangan (design), dan pengembangan (develop).
Berdasarkan hasil uji coba perangkat diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing yang telah disusun dikategorikan baik. Perangkat pembelajaran dimaksud terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Buku Peserta Didik, dan Tes Hasil Belajar (THB).
Publisher
Paradikma Jurnal Pendidikan
Contributor
Penulis
Publish
2015
Material Type
ARTIKEL
Right
Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED
This files has been downloaded 136 times