Author
Yuliyanti Kadir
Subject
- Teknik
Abstract
Putar balik (u-turn) adalah bukaan median yang dibuat sebagai kebutuhan khusus. Kendaraan melakukan putar
balik arah akan menimbulkan antrian. Jika terjadi pada jam sibuk, maka akan menimbulkan kemacetan. Tujuan
penelitian ini yaitu menganalisis waktu kendaraan melakukan manuver serta tundaan akibat aktifitas dan
menganalisis pengaruh u-turn terhadap tingkat pelayanan. Lokasi penelitian dilakukan pada putar balik arah
(u-turn) di Jl. Prof. Dr. Hi. John A. Katili dan Jl. Nani Wartabone. Data primer yang dikumpulkan adalah data
LHRT, geometrik jalan, kecepatan kendaraan, dan waktu manuver u-turn. Analisis dilakukan dengan
menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997).
Hasil penelitian menunjukkan pada titik tinjauan I (ruas Jl. Prof. Dr. Hi. John A. Katili) arus lalu lintas
maksimum adalah 935 smp/jam, kapasitas 3234 smp/jam, tingkat pelayanan jalan A, waktu manuver kendaraan
melewati u-turn 18,67 dan tidak terjadi antrian, berdasarkan nilai rasio (?) 0,82. Pada titik tinjauan II (ruas Jl.
Nani Wartabone) menunjukan arus lalu lintas maksimum adalah 432 smp/jam, kapasitas 3135 smp/jam dan
tingkat pelayanan jalan A, waktu manuver kendaraan melewati u-turn 17,53 tidak terjadi antrian, berdasarkan
nilai rasio (?) 0,30. Titik tinjauan I Lebar bukaan median sebesar 9,40 meter tidak memenuhi syarat untuk putar
balik kendaraan berat, untuk itu perlu ditambahkan dimensi lebar bukaan median menjadi 12 meter dan perlu
dilakukan pelebaran tepi luar pada ruas Jl. Prof. Dr. Hi. John A. Katili.
Kata Kunci: U-turn, Tingkat Pelayanan, Tundaan Lalu Lintas
Publisher
Politeknik Gorontalo
Contributor
-
Publish
2023
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 165 times