SCIENTIFIC WORK

Author
Indriati Martha Patuti
Subject
- Teknik
Abstract
Simulasi numerik berdasarkan metode elemen hingga telah dilakukan untuk mengetahui perilaku dan kestabilan terowongan melalui pengamatan terhadap deformasi dan tegangan disekitar terowongan. Analisis dilakukan terhadap lima variasi jarak antar terowongan. Hasil analisis menunjukkan bahwa total tegangan normal batuan yang diperoleh berada dalam batas yang diijinkan. Perpindahan total maksimum diperoleh pada puncak terowongan dengan jarak antar terowongan 20 m, sedangkan perpindahan total minimum terjadi pada puncak terowongan dengan jarak antar terowongan 50 m. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa konstruksi terowongan dapat dikatakan stabil dengan total tegangan normal yang diperoleh dalam simulasi numeris yang relatif lebih kecil dari total tegangan normal ijin dan rasio perbandingan keduanya lebih kecil dari 1.
Publisher
Jurnal Teknik - Fakultas Teknik UNG
Contributor
Indriati Martha Patuti
Publish
2011
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 99 times
Download