SCIENTIFIC WORK

Author
Jumadi Mori Salam Tuasikal
Subject
- Pendidikan
Abstract
Bimbingan dan konseling sosial di sekolah memiliki tugas penting dalam mengoptimalkan kemampuan siswa, salah satu keterampilan sosial yaitu interaksi sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji hubungan pelaksanaan bimbingan dan konseling sosial dengan kemampuan interaksi sosial. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif korelasional dan angket sebagi instrumen pengumpul data. Populasi penelitian adalah siswa SMA Se Kota Gorontalo dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 180 siswa dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Pearson Correlation. Temuan penelitian memperlihatkan nilai r = 0,536 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat hubungan pelaksanaan bimbingan konseling sosial secara signifikan terhadap interaksi sosial siswa, maka dengan ini hipotesis penelitian diterima. Keywords: Bimbingan dan Konseling Sosial, Interaksi Sosial
Publisher
Student Journal Guidance and Counseling
Contributor
Jumadi Mori Salam Tuasikal, Rena Madina, Mohamad Rizal Pautina, Salim Korompot
Publish
2021
Material Type
ARTIKEL
Right
2021
This files has been downloaded 117 times
Download