Author
Jumadi Mori Salam Tuasikal
Subject
- Pendidikan
Abstract
Harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya maupun orang lain. harga diri individu dipengaruhi oleh faktor dari luar diri individu dan dari dalam diri individu. Faktor dari luar diri individu terdiri atas: keluarga, guru, teman sebaya, dan tempat kerja. Sedangkan faktor dari dalam diri individu terdiri atas: kepercayaan, amalan, keterampilan pribadi, dan pencapaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap harga diri siswa. Penelitian ini mengunakan metode kuatitatif dengan pendekatan eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian “One Group Pre-test and Post-test Design” dengan angket sebagai instrumen pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo yang berjumlah 378 orang yang terbagi dalam 11 kelas. Sedangkan Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 15 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik (uji t). Dari hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar-5, 52 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2, 05. Ternyata harga t hitung memperoleh harga lain, atau harga t hitung telah berada diluar daerah penerimaan H 0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan menerima H 1. Hal ini berarti bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap harga diri siswa.
Keywords: Bimbingan Kelompok, Harga Diri, Siswa
Publisher
Jambura Guidance and Counseling Journal
Contributor
Mohamad Rizal Pautina, Idriani Idris, Jumadi Mori Salam Tuasikal
Publish
2020
Material Type
ARTIKEL
Right
2020
This files has been downloaded 94 times