Author
Salim Korompot
Subject
- Pendidikan
Abstract
Salah satu diantara beberapa kompetensi yang dikembangkan dalam kehidupan peserta
didik adalah kecerdasan spiritual. Penelitian untuk mendeskripsikan pemakanan peserta
didik tentang kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi
kuantitatif, pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan
analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kurang baik dalam
memakanakan kecerdasan spiritual dalam kehidupan sehari-hari, meliputi pemaknaan
bersifat fleksibel, memaknakan memiliki kesadaran (self-awareness) yang tinggi,
pemaknaan kemampuan untuk menghadapi penderitaan dan mengambil hikmah darinya,
pemaknaan kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi rasa sakit, pemaknaan
memiliki kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai, pemaknaan enggan
melakukan sesuatu yang menyebabkan kerugian atau kerusakan, pemaknaan cenderung
melihat hubungan antar berbagai hal berbeda menjadi suatu yang holistik, pemaknaan
cenderung untuk bertanya “mengapa” atau “apa” dan mencari jawaban-jawaban yang
fundamental, dan pemaknaan bertanggungjawab untuk menebarkan visi dan nilai-nilai
kepada orang lain dan menunjukkan cara menggunakan. Guna mengoptimalkan
pemaknaan peserta didik dalam kecerdasan spiritual, dapat dilakukan melalui pendekatan
bimbingan dan konseling, serta mengatur dalam bentuk manajemen peserta didik berbasis
kecerdasan spiritual.
Publisher
ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Contributor
Salim Korompot, Sultan M Tarmizi Korompot
Publish
2020
Material Type
ARTIKEL
Right
Salim Korompot, Sultan M Tarmizi Korompot
This files has been downloaded 123 times