Author
Arwildayanto
Subject
- Pendidikan
Abstract
Pengembangan profesi diklaim guru mendesak, mengingat profesi itu
sendiri mengacu pada wujud nyata dari perpaduan antara perundang-
undangan pendidikan, teori pedagogik, dan praktik di sekolah. Tujuan
penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh pendidikan prajabatan dan
pendidikan dalam jabatan terhadap profesionalisme guru. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran dengan model strategi transformatif konkuren. Populasinya melibatkan 251 kepala sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling, dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 202 sekolah yang kembali. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, tes tertulis, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan model deskriptif interpretatif. Hasil analisis data yaitu pertama, pengaruh pendidikan prajabatan yang ditemukan signifikan dan positif terhadap kepemimpinan guru. Demikian pula, pengaruhnya terhadap profesionalisme juga ditemukan signifikan dan positif. Kedua, in-service education diketahui berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepemimpinan guru, serta profesionalisme guru. Ketiga, kepemimpinan guru ditemukan berpengaruh signifikan dan positif terhadap profesionalisme. Disimpulkan bahwa pendidikan pra dan dinas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme melalui kepemimpinan guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam hal kepemimpinan
Publisher
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Contributor
Arwildayanto, Ikhfan Haris, Fory Armin Nawai, Nur Luthfi Ardhiani, Waode Eti Hardiyanti, Jumadi M. S. Tuasikal, Isnanto, Bambang Budi Wiyono, Rusdinal
Publish
2023
Material Type
ARTIKEL
Right
P-ISSN: 1979-7109 E-ISSN: 2615-4498
This files has been downloaded 13 times