Author
Salma Halidu
Subject
- Pendidikan
Abstract
Hasil Penelitian menunjukan bahwa dari analisis pelaksanaan bimbingan dan konseling di SDN 95 Sipatana dan di Gugus sekecamatan Sipatana Kota Gorontalo, bahwa layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan oleh guru kelas, sebagai berikut: (1) Bimbingan pribadi: melakukan bimbingan tersendiri bagi siswa yang bermasalah, melakukan komunikasi dengan pendekatan verbal kepada peserta didik, melakukan kunjungan rumah, (2) bimbingan sosial: menanamkan cara bergaul yang baik sesuai dengan aturan, mnilai agama, serta sopan santun yang baik, menanmkan cara bergaul yang baik sesuai dengan aturan nilai agama serta sopan santun, menanamkan sikap toleransi dan sikap saling menghargai. (3) Bimbingan belajar: Memberi pelajaran tambahan kegiatan ekstrakulikuler, (4) bimbingan karir yaitu membantu siswa mengenali dan memulai dan mengarahkan diri untuk masa depan karir disesuaikan dengan bakat dan minat peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan 4 palayanan bimbingan tersebut guru kelas di SD belum dapat dilakukan secara optimal karena mengingat banyaknya tugas dan tanggung jawab guru kelas selain melaksanakan program pelajaran, administrasi, juga melakukan bimbingan.
Kata Kunci: Penerapan Pelaksanaan Bimbingan Konseling
Publisher
Ideas Publishing
Contributor
biaya sendiri
Publish
2017
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 548 times