Author
Rusmin Husain
Subject
- Pendidikan
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana permasalahan guru dalam menerapkan penilaian autentik, pelaksanaan penilaian autentik, hambatan yang dialami guru dalam menerapkan penilaian autentik kurikulum 2013”. tujuan penelitian ini “untuk mengetahui Permasalahan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, temuan peneliti ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, kendala yang dialami oleh guru-guru di SDN 9 Telaga Biru adalah banyaknya aspek yang harus dinilai dalam penilaian Kurikulum 2013. Kedua, penilaian dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran, sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi kurang efektif. Ketiga, guru merasa terbebani karena harus menjumlahkan setiap nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan lalu mendeskripsikan nilai yang didapat tersebut per mata pelajaran.
Simpulan penelitian ini adalah Penilaian Auntentik dilakukan secara terus menerus selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan meliputi seluruh aspek domain penilain. Penilaian ini cenderung berfokus pada tugas-tugas kompleks atau kontekstual bagi peserta didik yang memungkinkan mereka secara nyata menunjukkan kompetensi atau keterampilan yang dimilikinya. Untuk mengatasi kendala tersebut diharapkan ruang lingkup pada penilaian dapat diperkecil. Dan guru-guru berharap Pemerintah memberikan pelatihan yang lebih dalam lagi kepada guru-guru yang belum memahami Kurikulum 2013.
Kata Kunci : Permasalahan, Penerapan , Penilaian Autentik
Publisher
Jurusan PGSD FIP UNP
Contributor
Biaya Sendiri
Publish
2017
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 6153 times