Author
Maryam Rahim
Subject
- Pendidikan
Abstract
ABSTRAK
Tujuan jangka panjang pengembangan perangkat panduan pengembangan diri adalah terwujudnya siswa-siswa yang memiliki kepribadian yang utuh, yang dapat berkembang secara optimal serta mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari dan tetap tangguh dalam menghadapi perubahan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Target khusus yang hendak dicapai adalah tersedianya perangkat panduan pengembangan diri yang mampu meningkatkan kompetensi guru pembimbing melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling untuk pengembangan diri siswa, serta pengembangan kepribadian siswa SMA.
Pengembangan ini mengacu pada model penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall, yang melibatkan 5 langkah utama yakni : (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) uji lapangan skala kecil dan revisi produk, dan (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.
Penelitian ini berlangsung selama 3 tahun. Kegiatan tahun pertama adalah : (1) mengidentifikasi masalah di lapangan berkaitan dengan kegiatan pengembangan diri melalui pelayanan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru pembimbing selama ini, (2) menganalisis kurikulum, (3) menganalisis substansi kegiatan , (4) mengembangkan draft perangkat panduan yang meliputi : (a) panduan guru, (b) panduan siswa, dan (c) panduan penilaian. Kegiatan tahun kedua meliputi kegiatan: (1) mengembangkan instrumen uji coba draft perangkat panduan yang telah dikembangkan, (2) melaksanakan evaluasi ahli dan revisi, (3) melaksanakan uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (4) melaksanakan uji coba lapangan skala besar dan produk akhir, (5) melatih guru pembimbing dan siswa dalam menggunakan produk yang telah dikembangkan. Kegiatan tahun ketiga adalah menguji keefektifan perangkat panduan yang telah dikembangkan bagi pengingkatan profesionalisme guru pembimbing dan pengembangan diri siswa melalui eksperimen semu.
Hasil penelitian tahap III ini menunjukkan bahwa perangkat panduan pengembangan diri yang dikembangkan benar-benar efektif meningkatkan kompetensi guru pembimbing melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling untuk pengembangan diri siswa, serta efektif mengembangkan kepribadian siswa Sekolah Menengah Atas. Dengan demikian perangkat panduan ini patut direkomendasikan untuk digunakan oleh guru pembimbing melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling dalam rangka pengembangan diri siswa SMA.
Publisher
Mandiri
Contributor
-
Publish
2010
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 7744 times