Author
Maryam Rahim
Subject
- Pendidikan
Abstract
Masalah yang diangakat dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimanakah kualifikasi guru dilihat dari : tingkat pendidikan, lama dinas, jenis kelamin, profesionalitas; (2) bagaimanakah sebaran guru perjenjang pendidikan : TK, SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat, SMA/MA Sederajat; (3) bagaimanakah ratio guru - siswa pada setiap jenjang pendidikan TK, SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat, SMA/MA Sederajat (4) bagaimanakah ketersedian perangkat.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh potret pendidikan kabupaten gorontalo utara. Sedangkan tujuan khusus adalah untuk memperoleh data tentang : (1) kualifikasi guru dilihat dari: tingkat pendidikan, lama dinas, jenis kelamin, profesionalitas; (2) sebaran guru perjenjang pendidikan : TK, SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat, SMA/MA Sederajat; (3) ratio guru - siswa pada setiap jenjang pendidikan TK, SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat, SMA/MA Sederajat (4) bagaimanakah ketersedian perangkat pembelajaran :silabus dan RPP.
Metode yang dugunakan dalam penelitian adalah survey deskritif dengan teknik pengumpulan data data melalui angket, wawancara dan studi dokumentasi. populasinya meliputi guru, siswa, populasi sekolah, perangkat pembelajaran. sampel dilakukan untuk pengumpulan data tentang ketersediaan perangkat pembelajaran dengan memilih 150 orang responden yang tersebar di 5 wilayah dengan rincian 100 orang guru SD, 30 orang guru SMP/MTs dan 20 orang guru SMA/MA.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpilkan bahwa (1) sebagian besar guru di kabupaten Gorontalo Utara belum memenuhi kualifikasi guru sesuai standar, masih banyak guru yang beijazah SMA?MA baik yang berstatus PNS maupun non PNS, (2) sebaran guru dikabupaten Gorontalo Utara belum sesuai kebutuhan untuk masing-masing kecamatan, (3) pada umumnya ratio guru-siswa untuk semua jenjang sudah sesuai standar ideal, karena pembandingnya adalah semua guru termasuk non PNS. jika pembandingnya hanya guru PNS, maka ratio guru dan siswa di Kabupaten Gorontalo untuk semua jenjang pendidikan melewati batas maksimal, (4) perangkat pembelajaran khususnya silabus dan RPP untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA pada umumnya sudah tersedia kecuali untuk beberapa mata pelajaran seperti mulok, bahasa inggris, sbk, penjas, bdt untuk SD, seni budaya untuk SMP dan mulok dan agama kristen untuk SMA
Publisher
Mandiri
Contributor
-
Publish
2009
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 3624 times