Author
Pupung Puspa Ardini
Subject
- Pendidikan
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami secara mendalam tentang kurikulum pembelajaran terpadu model networked untuk kemudian penerapannya di Taman Kanak-kanak (untuk usia 5 sampai 6 tahun). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif. analisis yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari model teknik analisis Hubberman dan Milles. Penelitian ini dilakukan di TK Lab PAUD UNG kiddie care, Kota Gorontalo. Network adalah salah satu dari 10 pendekatan pembelajaran terpadu menggunakan metode proyek. Setiap harinya anak akan diberikan pendekatan pembelajaran pengembangan keahlian yang akan diakhiri dengan kegiatan proyek, seperti open house, bazzar makanan, kunjungan ke pelabuhan, kunjungan ke pelelangan ikan, kunjungan ke tempat pembuatan jaring ikan. Selain melakukan kunjungan pengalaman belajar diberikan dengan mendatangkan beberapa narasumber atau ahli-ahli dibidangnya seperti untuk konservasi terumbu karang mendatangkan narasumber ahli dari Universitas Negeri Gorontalo dibidang kelautan yang menguasai masalah konservasi terumbu karang. Kegiatan belajar dilaksanakan dalam sentra-sentra sesuai dengan keahlian yang akan dikembangkan untuk merealisasikan proyek yang direncanakan. Pengembangan perilaku terinternalisasi dalam setiap kegiatan pengembangan kemampuan dasar. Sebagai contoh proyek untuk anak-anak adalah open house. Learner Mission : Festival Seni Anak Gorontalo (Talopani WalaO Lo Hulondhalo) dalam rangka open house Sekolah
Publisher
Jurusan PG PAUD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Contributor
Author
Publish
2015
Material Type
ARTIKEL
Right
ISSN 2335-830X
This files has been downloaded 3865 times