Author
Pupung Puspa Ardini
Subject
- Pendidikan
Abstract
Studi Ilmiah ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran yang selaras dengan perkembangan sosial-budaya di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai budaya yang dapat dieksplorasi sebagai wahana pembelajaran bagi anak usia dini. Pembelajaran untuk anak usia dini hendaknya sesuai dengan lingkungan sosial dan budaya dimana anak tersebut tinggal. Oleh karena itu pemahaman pendidik terhadap latar belakang sosial budaya dapat dijadikan sebagai acuan dalam mempersiapkan materi pembelajaran yang relevan dan bermakna bagi anak. Disamping itu, pendidik juga dapat mempersiapkan anak secara lebih dini untuk menjadi individu yang dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial budayanya. Kecenderungan yang terjadi adalah pemanfaatan budaya lokal belum optimal, bahkan semakin ditinggalkan. Perkembangan sosial dan budaya tidak dapat dihindari. Hal ini selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di dunia. Studi ilmiah ini dilakukan pada bulan Januari 2015. Studi ini dilakukan berdasarkan melalui pengkajian hasil observasi, dokumentasi dan berbagai literatur yang terkait dengan pembelajaran anak usia dini yang selaras dengan perkembangan sosial-budaya. Pengembangan program pembelajaran PAUD berbasis budaya lokal dapat mempersiapkan anak yang berwawasan multikultural sedini mungkin. Hal ini sangat penting untuk menjamin pembentukan karakter anak yang toleran dan memiliki kepercayaan diri sebagai bangsa yang unggul dan bermartabat.
Publisher
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Author
Publish
2015
Material Type
PROSIDING
Right
ISSN 772460-756001
This files has been downloaded 285 times