Author
Arwildayanto
Subject
- Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas kebijakan program
pendidikan untuk rakyat (PRODIRA) yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan
bentuk partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan di
provinsi Gorontalo.
Penelitian ini direncanakan berlangsung dua tahun anggaran, dengan skenario tahun
pertama, (1) mengidentifikasi dinamika yang berkembang terkait dengan kebijakan
pemerintah provinsi Gorontalo melaksanakan PRODIRA, (2) mengukur efektivitas kebijakan
PRODIRA. Sedangkan tahun kedua dilakukan, (1) survey dinamika partisipasi masyarakat
konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan sudah menjadi tradisi masyarakat
Gorontalo, (2) analisis relasi efektivitas kebijakan PRODIRA dengan tingkat partisipasi
masyarakat dalam konteks budaya huyula, (3) mengembangkan model peningkatan
partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan di Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixing methodyakni kuantitatif dan kualitatif
atau dikenal dengan penelitian kombinasi.Metode kombinasi tidak seimbang (concurrent
embedded). Dimana pendekatan kuantitatif dominan dilakukan pada tahun pertama dan
pendekatan kualitatif dominan tahun kedua. Adapun pertimbangan mixing method digunakan
agar peneliti pada tahun pertama dapat mengidentifikasi dan mengukur efektivitas kebijakan
prodira yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Sedangkan untuk tahun kedua
agar peneliti dapat mendalami konstruksi dinamika dan membuatkan model pengembangan
partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan sebagai
identitas masyarakat Gorontalo dapat dipahami secara utuh (holistik). Kesemua pertimbangan
dalam penelitian ini sejalan dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Rencana
Strategis (Renstra) Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M)
Universitas Negeri Gorontalo yakni pemberdayaan potensi daerah untuk penguatan budaya
dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo.
Adapun hasil penelitin pada tahun pertama ini peneliti dapat informasi efektivitas
kebijakan PRODIRA yang dilaksanakan pemerintah Provinsi Gorontalo tidak berkontribusi
dalam peningkatan partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan
pendidikan. Secara teknis pelaksanaan kebijakan PRODIRA berlangsung dengan baik,
menghasilkan capaian target yang sudah di tetapkan terutama dalam peningkatan Indeks
Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Gorontalo. Fenomena menarik terjadinya degradasi
partisipasi yang mestinya dapat terus ditingkatkan, seiring dengan kemampuan pemerintah
yang terbatas dalam pembiayaan pendidikan.
Kata kunci: Efektivitas Kebijakan PRODIRA, Partisipasi Masyarakat, Budaya Huyula,
dan Pembiayaan Pendidikan
Publisher
Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Arwildayanto, Nina Lamatenggo dan Warni Tune Sumar
Publish
2017
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 1174 times