SCIENTIFIC WORK

Author
Arwildayanto
Subject
- Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas kebijakan program pendidikan untuk rakyat (PRODIRA) yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan bentuk partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan di provinsi Gorontalo. Penelitian ini direncanakan berlangsung dua tahun anggaran, dengan skenario tahun pertama, (1) mengidentifikasi dinamika yang berkembang terkait dengan kebijakan pemerintah provinsi Gorontalo melaksanakan PRODIRA, (2) mengukur efektivitas kebijakan PRODIRA. Sedangkan tahun kedua dilakukan, (1) survey dinamika partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan sudah menjadi tradisi masyarakat Gorontalo, (2) analisis relasi efektivitas kebijakan PRODIRA dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam konteks budaya huyula, (3) mengembangkan model peningkatan partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan di Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixing methodyakni kuantitatif dan kualitatif atau dikenal dengan penelitian kombinasi.Metode kombinasi tidak seimbang (concurrent embedded). Dimana pendekatan kuantitatif dominan dilakukan pada tahun pertama dan pendekatan kualitatif dominan tahun kedua. Adapun pertimbangan mixing method digunakan agar peneliti pada tahun pertama dapat mengidentifikasi dan mengukur efektivitas kebijakan prodira yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Sedangkan untuk tahun kedua agar peneliti dapat mendalami konstruksi dinamika dan membuatkan model pengembangan partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan sebagai identitas masyarakat Gorontalo dapat dipahami secara utuh (holistik). Kesemua pertimbangan dalam penelitian ini sejalan dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Rencana Strategis (Renstra) Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Gorontalo yakni pemberdayaan potensi daerah untuk penguatan budaya dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo. Adapun hasil penelitin pada tahun pertama ini peneliti dapat informasi efektivitas kebijakan PRODIRA yang dilaksanakan pemerintah Provinsi Gorontalo tidak berkontribusi dalam peningkatan partisipasi masyarakat konteks budaya huyula dalam pembiayaan pendidikan. Secara teknis pelaksanaan kebijakan PRODIRA berlangsung dengan baik, menghasilkan capaian target yang sudah di tetapkan terutama dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Gorontalo. Fenomena menarik terjadinya degradasi partisipasi yang mestinya dapat terus ditingkatkan, seiring dengan kemampuan pemerintah yang terbatas dalam pembiayaan pendidikan. Kata kunci: Efektivitas Kebijakan PRODIRA, Partisipasi Masyarakat, Budaya Huyula, dan Pembiayaan Pendidikan
Publisher
Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Arwildayanto, Nina Lamatenggo dan Warni Tune Sumar
Publish
2017
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 1174 times
Download