Author
Arwildayanto
Subject
- Pendidikan
Abstract
Peningkatan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi pada dasarnya dapat dilakukan
melalui pendekatan berskala makro oleh pengambil kebijakan tingkat nasional atau
dengan pendekatan mikro dengan perbaikan situasi pembelajaran di kelas. Pendekatan
makro telah banyak dilakukan dengan menciptakan kebijakan-kebijakan berskala
nasional maupun regional. Namun pendekatan mikro, misalnya yang dilaksanakan oleh
dosen melalui studi iklim kelas, belum sepenuhnya dijadikan sebagai upaya yang
sistematis dan massive untuk proses perbaikan pembelajaran. Pendekatan kedua ini
menuntut kemampuan dan kemauan evaluasi diri dari dosen yang bersangkutan;
Idealnya, pendekatan kedua ini harus lebih dioptimalkan karena dapat menjadi upaya
massal di perguruan tinggi untuk memberikan kepuasan layanan kepada pelanggan
internalnya, yaitu mahasiswa.
Penelitian multi years ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi alat ukur
iklim kelas di perguruan tinggi, sebagai langkah awal untuk pembinaan dosen muda
melalui penelitian tahap pertama. Tahap berikutnya adalah penelitian dalam rangka
pembinaan (supervision) dengan kolaborasi antara peneliti dengan dosen Pembina,
dosen senior, unsur pimpinan perguruan tinggi atau pihak yang terkait lainnya.
Instrument penelitian terdiri dari dua bentuk, yaitu actual dan preferred form yang
dikembangkan dari skala-skala Colleges and Universities Classroom Environment
Inventory (CUCEI) yang disusun oleh Nair dan Fisher (1999). Penelitian ini dilakukan
kepada 1.244 mahasiswa program S1 dari berbagai fakultas di Universitas Negeri
Padang, Universitas Eka Sakti Padang, STIT Syekh Burhanuddin, Padang Pariaman,
UIN Sutan Kasim Pekanbaru, STKIP Aisyiah Pekanbaru, dan Universitas Negeri
Gorontalo. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis factor dan analisis
reliabilitas menggunakan aplikasi Statistical Package for Social Sciences (SPSS) for
Windows.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa alat ukur iklim kelas perguruan tinggi baik
yang actual maupun preferred form nya valid dan reliable, sehingga dapat digunakan
untuk melakukan penelitian lebih lanjut.
Publisher
Universitas Negeri Padang
Contributor
Hadiyanto, Syahril, Arwildayanto dan Warni Tune Sumar
Publish
2017
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 306 times