SCIENTIFIC WORK

Author
Muslimin
Subject
- Pendidikan
Abstract
Salah satu kegagalan dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah terletak pada orientasi pembelajaran yang hanya bertujuan untuk mencapai target penguasaan materi semata, sementara aspek keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa agar terampil dan mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan terabaikan. Untuk itu, alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan pengajaran adalah perlunya sinergitas antara guru dan dosen dalam melaksanakan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia di jenjang pendidikan menengah atas di provinsi Gorontalo. Sinergitas yang dimaksudkan adalah kerja sama dalam merencanakan, menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia pada jenjang SMA. Tujuan dari sinergitas guru dan dosen adalah meningkatkan kemampuan siswa berliterasi secara sederhana, yakni (1) mengarahkan aktivitas peserta didik, (2) memiliki dan menyiapkan materi pembelajaran, (3) memeriksa secara bersama hasil kerja peserta didik, (4) menciptakan sistem komunikasi keilmuan, dan (5) melakukan koordinasi dalam menyiapkan suasana kelas untuk kegiatan berbahasa secara integrarif. Kata Kunci: problematika, pengajaran, bahasa, sastra
Publisher
FBS Universitas Negeri Padang
Contributor
Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd
Publish
2012
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 20759 times
Download