Author
Elya Nusantari
Subject
- Pendidikan
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar dan retensi siswa yang belajar dengan berbagai model pembelajaran/strategi belajar yang bervariasi. Penelitian ini juga untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi retensi siswa. Penelitian dilakukan pada siswa SMA di Kota Gorontalo. Metode Penelitian adalah metode komparatif analitis yakni membandingkan beberapa penelitian yang telah dilakukan peneliti dengan metode penelitian yang berbeda yakni satu penelitian PTK, dan dua penelitian quasi eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar, strategi belajar mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar; strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan retensi, strategi belajar mind mapping berpengaruh terhadap retensi; model pembelajaran kooperatif Script lebih cocok bagi siswa berkemampuan rendah dibandingkan dengan kooperatif STAD. Sehingga dapat disimpulkan Faktor-faktor yang mempengaruhi retensi antara lain 1) pemilihan strategi belajar/model pembelajaran; 2) karakteristik materi; 3) kemampuan akademik siswa; 4) waktu pelaksanaan tes retensi; 5) factor internal. Disarankan kepada para guru agar dapat memilih model pembelajaran dan strategi belajar yang tepat agar siswa dapat belajar dengan bermakna sehingga meningkatkan hasil belajar dan retensi.
Publisher
FIP-JIP UNG
Contributor
Elya Nusantari
Publish
2015
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 7893 times