Author
Supriyadi
Subject
- Bahasa
Abstract
Dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa Indonesia, sebagaimana halnya dalam penyelenggaraan pembelajaran bidang-bidang lain, evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan. Sebagai suatu pembelajaran, pembelajaran bahasa Indonesia diselenggarakan untuk mencapai sejumlah tujuan pembelajaran yang telah diidentifikasi dan dirumuskan berdasarkan telaah mendalam terhadap kebutuhan yang perlu dipenuhi. Pencapaian tujuan-tujuan pembelajaran diupayakan melalui serangkaian proses pembelajaran yang dirancang secara matang dan saksama dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh agar tujuan-tujuan pembelajaran tersebut dicapai dengan semestinya. Evaluasi tidak boleh dipandang sebagai kumpulan teknik-teknik saja tetapi lebih merupakan sebuah proses yang berdasar pada prinsip-prinsip. Depdiknas telah mengkategorikan prinsip-prinsip evaluasi yang harus diperhatikan, yakni (1) menetukan dan menjelaskan apa yang harus dinilai selalu mendapat prioritas dalam proses evaluasi, (2) efektivitas evaluasi bergantung pada telitinya deskripsi tentang apa yang akan dievaluasi, dan (3) teknik evaluasi harus dipilih sesuai dengan tujuan yang akan dicapainya dan harus dipertimbangkan apakah teknik evalusi merupakan strategi yang paling efektif untuk menetukan apa yang ingin diketahui oleh siswa/mahasiswa. Evaluasi yang komprehensif menuntut berbagai teknik. Alasannya, perlunya berbagai teknik evaluasi adalah karena setiap jenis evaluasi hanya menyajikan bukti-bukti yang unik tetapi terbatas tentang perilaku siswa/mahasiswa. Dalam rangka mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang pencapaian siswa/mahasiswa perlu kombinasi berbagai teknik evaluasi.
Publisher
UNG Press
Contributor
Supriyadi
Publish
2013
Material Type
-
Right
(c) 2008 Hak Cipta Dilindungi Undang-undang
This files has been downloaded 143227 times