Author
Supriyadi
Subject
- Bahasa
Abstract
Menulis karya ilmiah merupakan aktivitas yang tidak dapat dihindarkan bagi masyarakat ilmiah di perguruan tinggi. Sebagai bagian masyarakat ilmiah, mahasiswa wajib menguasai pengetahuan dan keterampilan menulis karya ilmiah. Menulis karya ilmiah bagi mahasiswa dapat membantu kegiatan sehari-hari yang berkutat dalam hal tulis-menulis karya ilmiah. Terampil menulis karya ilmiah dapat membantu kesuksesan dan kelancaran penyelesaian studi mereka di perguruan tinggi. Terampil menulis karya ilmiah juga berfungsi untuk kepentingan kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya, seperti seminar, pelatihan, workshop, dan sejenisnya.
Namun kenyataan di lapangan belum menunjukkan realitas yang diharapkan. Banyak mahasiswa yang belum memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai dalam hal tulis-menulis karya ilmiah. Bahkan tidak sedikit pula mahasiswa yang masih dangkal pengetahuan dan keterampilannya dalam hal menulis karya ilmiah. Hal itu disebabkan belum dikuasainya pengetahuan dan keterampilan menulis karya ilmiah secara layak dan memadai. Belum tersedianya materi pembelajaran menulis karya ilmiah yang inovatif dan konstruktif merupakan salah satu penyebab rendahnya pengetahuan dan keterampilan menulis karya ilmiah di kalangan mahasiswa.
Sehubungan dengan itu, materi pembelajaran ini disusun untuk membantu mahasiswa dalam belajar menulis karya ilmiah. Materi pembelajaran ini mudah dipahami dan diterapkan oleh mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Materi pembelajaran menulis karya ilmiah ini disusun berdasarkan pendekatan konstruk-tivisme. Bab demi bab disajikan berdasarkan pendekatan konstruktivisme dengan empat kegiatan. Keempat kegiatan tersebut adalah (a) orientasi, (b) eksplorasi konsep, (c) interpretasi/penemuan konsep, dan (d) aplikasi konsep.. Dalam setiap babnya disediakan latihan-latihan yang konstruktif untuk memacu inovasi dan kreativitas mahasiswa untuk berpikir dan berkarya. Dengan demikian, materi pembelajaran ini dapat membuat mahasiswa lebih mandiri, aktif, kreatif, dan inovatif dalam proses pembelajaran.
Diharapkan materi pembelajaran ini bermanfaat bagi semua pihak yang kreatif-inovatif dan berkepentingan dengan pembelajaran menulis karya ilmiah untuk mewujudkan proses pembelajaran menulis karya ilmiah yang memiliki jiwa konstruktivisme. Dengan tersedianya materi pembelajaran ini pengetahuan dan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa dapat ditingkatkan secara berkelanjutan. Hal yang lebih penting adalah adanya perubahan sikap dalam diri mahasiswa bahwa menulis karya ilmiah adalah penting dan diharapkan menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dalam kesempatan ini tidak lupa penulis menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan materi pembelajaran ini.
Publisher
UNG Press
Contributor
Supriyadi
Publish
2013
Material Type
-
Right
-
This files has been downloaded 23483 times