Author
Abd. Kadim Masaong
Subject
- Pendidikan
Abstract
Abstrak
Jabatan supervisor (pengawas) dalam Sistem Pendidikan Nasional sangat stratejik untuk memperbaiki mutu guru. Supervisor (pengawas) bertugas mendorong, mengkoordinir, menstimulir dan menuntun pertumbuhan profesi guru-guru secara berkesinambungan baik secara individual maupun kelompok agar lebih efektif menjalankan proses pembelajaran. Dengan posisi yang stratejik ini, maka pengawas disebut sebagai �Gurunya Guru�. Untuk dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagai gurunya guru secara efektif, Menteri Pendidikan Nasional telah menetapkan Peraturan Menteri Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Pengawas. Permen tersebut menegaskan bahwa untuk menjadi seorang supervisor (pengawas) dituntut memiliki kualifikasi akademik minimal S2 dan dipersyaratkan memenuhi 6 (enam) standar kompetensi, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi manajerial, komptensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan, serta kompetensi sosial.
Untuk itu, salah satu aspek yang perlu dirumuskan sebagai langkah strategis dalam mengelola dan membina guru mempercepat peningkatan mutu pendidikan adalah penguatan posisi pengawas sebagai �gurunya guru�. Guru sangat membutuhkan pengawas sebagai mitra kerja dalam meningkatkan kompetensinya. Realitas di lapangan menunjukkan bahwa jabatan pengawas yang sangat strategik itu, justru sering berbenturan dengan berbagai kebijakan pemerintah terutama di era otonomi daerah. Di satu sisi pengawas dituntut bertanggung jawab atas rendahnya mutu guru dan mutu pendidikan, namun disisi lain pengawas justru kurang diimbangi dengan implementasi kebijakan untuk peningkatan profesionalismenya. Selain itu, sistem rekrutmen pengawas yang tidak mengacu pada kualifikasi akademik dan standar kompetensi sebagaimana diatur dalam Permendiknas no 12 tahun 2007, dan bahkan posisi pengawas sering dijadikan sebagai tempat parkir bagi mantan pejabat di daerah.
Kata kunci: pengawas, gurunya guru.
Publisher
Panitia Simposium Hasil penelitian Guru UNESA
Contributor
-
Publish
2012
Material Type
MAKALAH
Right
-
This files has been downloaded 5047 times