Author
Abd. Kadim Masaong
Subject
- Pendidikan
Abstract
ABSTRAK
Masaong, Abd. Kadim. 2012. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Kota Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Gorontalo. Selain itu, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan masing-masing variabel.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian survey yang menggunakan pendekatan �cross sectional survey�. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan aspek yang berkaitan dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Gorontalo. Anggota populasinya adalah guru-guru pada pendidikan menengah yang berjumlah 342 orang. Sampel diambil dari anggota populasi sebesar 40% atau 140 orang yang dapat mewakili populasi dengan teknik random. Teknik pengumpulan data berupa kuessioner untuk menjaring data setiap variabel.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah tergolong tinggi, (2) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Gorontalo, (3) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Gorontalo, (4) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Gorontalo.
Berdasarkan temuan penelitian ini dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: (1) diharapkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Nasional agar dalam pelaksanaan rekrutmen, seleksi dan pengangkatan kepala sekolah tidak hanya melihat dari aspek kecerdasan intelektual saja tetapi dipadukan antara kecerdasan emosional dan spiritual, (2) disarankan kepada Dinas Pendidikan Nasional dalam pengembangan kapasitas guru dan staf lebih diutamakan yang bersentuhan langsung dengan pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, (3) diharapkan pada kepala sekolah dalam mengembangkan dan menyusun program sekolah senantiasa berorientasi pada pendidikan berbasis multiple intelligence (kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual peserta didik) secara seimbang, (4) kepada peneliti yang relevan dapat mengembangkan beberapa indikator yang belum dijangkau dalam penelitian ini.
Kata kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, gaya kepemimpinan, kepala sekolah.
Publisher
PPs UNG
Contributor
-
Publish
2013
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 16488 times