SCIENTIFIC WORK

Author
Nurwan
Subject
- Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat model matematika pada materi program linear melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Adminstrasi Perkantoran 4 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan (guru dan siswa) dan tes hasil belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, pengamatan kegiatan siswa, dan pengamatan kegiatan guru. Tehnik analisis data terdri dari penyajian data, analisis data dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan membuat model matematika materi program linear sebelum dikenai tindakan sebesar 46,43% dan setelah dikenai tindakan meningkat menjadi 85,71%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan pendekatan matematika realistrik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat model matematika pada materi program linear bagi siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 4 SMK Negeri 1 Gorontalo
Publisher
Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya 2017
Contributor
Nurwan
Publish
2017
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 3156 times
Download