Author
Abdul Rahmat
Subject
- Pendidikan
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data objektif tentang manajemen pembelajaran dengan metode bermain peran. Dilakukan penelitian tindakan kelas pada warga belajar Paket B kelas IX di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango yang jumlah warga belajar 25 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk tiga siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan belajar Paket B. Hal ini terbukti, indikator kinerja dalam penelitian ini telah mencapai 94%. Peningkatan ini dilalui secara bertahap yaitu; pada observasi awal motivasi warga belajar hanya 34,4%, pada siklus I motivasi warga belajar mengalami perbaikan hingga mencapai 50,4 %, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 85,2%, dan pada akhir penelitian siklus III telah mencapai 94%. Dengan demikian kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode bermain peran sangat efektif digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan motivasi warga belajar Paket B. Untuk itu disarankan; (1) kepada tutor Paket B pada umumnya untuk dapat melaksanakan metode bermain peran dalam meningkatkan motivasi warga belajar; (2) kepada para guru/tutor yang melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk tetap merencanakan program kegiatannya dengan baik, sehingga tujuan yang diharapkan dari penelitian dapat tercapai secara optimal.
Kata Kunci: Manajemen Belajar dan Metode Bermain Peran
Publisher
BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur
Contributor
-
Publish
2017
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 215 times