SCIENTIFIC WORK

Author
Supriyadi
Subject
- Bahasa
Abstract
Abstrak: Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis budaya yang berlandaskan konstruktivisme memberikan peluang yang luas kepada siswa dan guru dalam menentukan materi dan strategi pembelajarannya. Siswa dengan leluasa mengonstruksi pengetahuan yang dipelajarinya sesuai dengan kepentingan belajarnya melalui negosiasi dengan guru dan interaksi sosial dengan teman sekelasnya. Begitu pula, guru tidak lagi terikat dengan tuntutan materi dalam kurikulum melainkan hanya memandu dan memotivasi proses belajar siswa. Oleh karena terjadi interaksi sosial antara siswa-guru dan siswa-siswa, terciptalah sikap saling memberi dan menerima, toleransi, menghargai pendapat orang lain, dan sikap demokratis dalam belajar yang sesuai dengan konteks sosial budaya siswa setempat. Di situlah kecerdasan sosial siswa menjadi terasah dengan baik. Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis budaya ini akan memberikan warna yang berbeda dengan pembelajaran pada umumnya dan akan memberikan nuansa yang berbeda dalam system pendidikan di Indonesia. Kata-kata kunci: pembelajaran, bahasa Indonesia, berbasis budaya, guru, siswa
Publisher
UNG Press
Contributor
Supriyadi
Publish
2013
Material Type
-
Right
-
This files has been downloaded 5618 times
Download