SCIENTIFIC WORK

Author
Trifandi Lasalewo
Subject
- Teknik
Abstract
Sebagai sebuah industri kecil yang bergerak dalam produksi dan penjualan pakaian jadi, PT. XYZ Kota Gorontalo perlu menata ulang strategi dalam sistem perencanaan bisnis agar dapat bertahan, bersaing dan mendapatkan profit sesuai dengan target. Kondisi bisnis yang tidak menentu, ketatnya persaingan harga, serta mudahnya pesaing masuk dalam bisnis pakaian menjadi alasan utama perlunya menata kembali strategi korporasi perusahaan. Disisi lain, cepatnya pergantian trend mode pakaian merupakan kendala yang umumnya dihadapi oleh perusahaan pakaian jadi. Dengan kondisi ini, maka pangsa pasar, efesiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya merupakan key succes factor perusahaan dalam penyusunan strategi perencanaan bisnis. Dari gambaran kondisi ril yang dihadapi perusahaan, maka akan ditentukan strategi yang tepat bagi perusahaan pada level korporat, dimana perancangan strategi dilakukan berdasarkan analisa sistem perusahaan, yang diklasifikasikan kedalam analisa posisi perusahaan pesaing, analisa SWOT, serta analisa berdasarkan aspek internal dan eksternal. Tool yang digunakan yakni IFAS-Matriks (Internal Strategic Factor Analysis Sumary-Matriks), dan EFAS-Matriks (Eksternal Strategic Factor Analysis Sumary-Matriks). Dari hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa usulan strategi yang tepat bagi perusahaan adalah: (1) strategi komoditi (fokus pada harga yang kompetitif) dan strategi transisional (fokus pada kualitas); (2) perlunya membuka counter-counter di lokasi luar kota sebagai balancing produk; (3) perlunya peningkatan kesejahteraan karyawan sebagai aset perusahaan. Kata Kunci: Industri Kecil, Strategi Korporasi
Publisher
Prosiding Seminar Nasional Industrialisasi Madura, Volume 1 Universitas Trunojoyo Madura, 22 September 2012 (http://snira.trunojoyo.ac.id)
Contributor
Trifandi Lasalewo
Publish
2012
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 10298 times
Download