Author
Misran Rahman
Subject
- Pendidikan
Abstract
Studi tentang pengembangan model on the job training berbasis andragogi ini merupakan studi yang berhubungan dengan upaya peningkatkan kompetnsi tutor PAUD. Tujuan studi ini untuk memperoleh deskripsi hasil kajian tentang model on the job training berbasis andragogi yang dikembangkan dalam konteks pelatihan ditempat kerja, serta pengaruhnya terhadap peningkatan kompetensi pedagogik tutor PAUD. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskritip kuantitaf dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan (Research and Development) dalam bidang pendidikan. Secara umum pengembangan model ini, ditempuh melalui empat tahapan: (1) studi pendahuluan yang meliputi kajian teori dan hasil penelitian yang relevan, survey lapangan, analisis yuridis dan kebijakan, analisis kompetensi pedagogik ideal, dan kajian profil kompetensi pedagogik tutor; (2) Pengembangan model; (3) Uji empiris (ujicoba lapangan); dan (4) Penyusunan model yang direkomendasikan. Hasil penelitian yang diperoleh, melalui analisis statistik secara kuantitatif terjadi peningkatan skor kompetensi secara signifikan, sedangkan secara kualitatif, tumbuh dan berkembangnya beberapa kemampuan dan prilaku yang mendukung peningkatan kompetensi, serta melalui analisis skala sikap diperoleh hasil bahwa para warga belajar menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan model On the job Training Berbasis andragogi.
Publisher
Universitas Negeri Jakarta
Contributor
Mandiri
Publish
2011
Material Type
DISERTASI
Right
-
This files has been downloaded 1750 times