Author
Misran Rahman
Subject
- Pendidikan
Abstract
Tutor di Paket A dihadapkan pada berbagai tantangan. Tantangan tersebut antara lain: Masa di Paket A termasuk masa awal bagi pembentukan pola berfikir dan pola tingkah laku anak, tutor Paket A dituntut untuk menguasai beberapa cabang ilmu pengetahuan beserta cara membelajarkannya kepada warga belajar, dan perkembangan teknologi dan sistem Informasi yang menuntut tutor untuk selalu progresif membaca situasi dan lingkungan.
Pembelajaran konvensional yang berpusat pada tutor dan didominasi ceramah sekarang ini masih dikakukan oleh banyak tutor di Paket A. Akan tetapi perkembangan dunia pendidikan dengan berbagai inovasi yang telah dilakukan baik oleh para pakar maupun para praktisi menunjukkan bahwa bukan saatnya lagi pembelajaran dengan dominasi ceramah dilakukan. Diperlukan model pembelajaran lain yang lebih banyak memberdayakan warga belajar sehingga warga belajar bekerja, mencoba, bereksplorasi, terakhir menganalisis dan menyimpulkan sendiri hasil pekerjaannya.
Salah satu model pembelajaran yang berpusat serta memberdayakan aspek-aspek penting dalam diri anak adalam model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Mellui pembelajaran ini anak belajar tidak harus di dalam ruang belajar namun dapat pula belajar di halaman, di bawah pohon, dekat sungai, dan sebagainya. Di samping itu dalam PAKEM jenis kegiatan belajar anak dapat berupa kegiatan bermain, diskusi kelompok, mengamati benda, dan lain-lain. . .
Kata Kunci: Pembelajaran PAKEM
Publisher
-
Contributor
Mandiri
Publish
2008
Material Type
MAKALAH
Right
-
This files has been downloaded 2070 times