Author
Arwildayanto
Subject
- Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) sumber-sumber yang membangun nilai-nilai karakter siswa, 2) program kepemimpinan spiritual kepala sekolah untuk penguatan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo, 3) strategi pelaksanaan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yang diterapkan di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, bertujuan menggambarkan, dan mengungkapkan keadaan, peristiwa sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta dilapangan secara mendalam. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yaitu dapat dilihat dari 1) sumber-sumber yang membangun nilai-nilai karakter siswa terdiri dari agama, budaya, pancasila, tujuan pendidikan nasional dan kepemimpinan spiritual, 2) program kepemimpinan spiritual kepala sekolah untuk penguatan karakter siswa terdiri dari pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan siswa yaitu pembiasaan terjadwal, spontan dan insidental, 3) strategi pelaksanaan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yaitu dilihat dari keteladanan dan visi misi yang ada di sekolah
Publisher
Jurnal Pendidikan Glasser (Glasser Education Journal)
Contributor
SELVIANTI DAUD, ARWILDAYANTO, NOVIANTY DJAFRI
Publish
2018
Material Type
ARTIKEL
Right
2579-5082
This files has been downloaded 2293 times