Author
Resmawan
Subject
- Pendidikan
Abstract
Tujuan p enelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara p ersepsi mahasiswa
terhadap keterampilan dosen dalam mengelola kelas dengan hasil b ela jar mahasiswa
jurusan p endidikan matematika. Meto de p enelitian yang digunakan adalah meto de
survei dengan p endekatan korelasional. Populasi p eneli tian ini adalah seluruh mahasiswa reguler Jurusan Pendidikan Matematika Tahun Pela jaran 2010-2011 mulai
dari semester I I I sampai semester VI I sebanyak 331 orang yang tersebar pada 12 kelas. Pengambilan samp el dilakukan secara proportionale random sampling sebanyak
10 persen dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 33 orang.
Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi
mahasiswa terhadap keterampilan dosen dalam mengelola kelas dengan hasil belajar
mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada dosen agar dalam setiap proses pembelajaran selalu berusaha menciptakan suasana kelas yang nyaman dan bersahabat, dengan menerapkan teknik
pengelolaan kelas secara efektif, sehingga muncul persepsi yang baik dari mahasiswa
yang kemudian dapat memicu semangat dan motivasinya untuk menerima dan memahami materi yang diberikan. Selain kepada dosen, mahasiswa juga diharapkan dapat
berperan aktif sehingga dapat terjadi umpan balik dalam setiap proses pembelajaran
yang berlangsung.
Publisher
Jurnal Euler Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
R Resmawan
Publish
2014
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 5509 times