Author
Herson Kadir
Subject
- Bahasa
Abstract
Superego selalu simetris dengan nilai dan norma dalam kehidupan. Superego ini
sangat beperan penting dalam pembentukan karakter positif anak. Anak akan lebih
mudah mengenal kebaikan dan menjadikan kebaikan tersebut sebagai landasan
untuk bersikap dalam kehidupannya. Karakter anak dapat dibentuk melalui arahan
dan pembinaan oang tua di rumah serta melalui pendidikan di sekolah.
Pembentukan karakter anak didik di sekolah, salah satunya dapat dilakukan
melalui gerakan literasi. Anak didik perlu dibina dan diarahkan pada pemilihan
bahan bacaan yang tepat dan sesuai perkembangan jiwanya. Konten bacaan yang
dianggap penting untuk mampu mengokohkan dan memberi penguatan terhadap
pembinaan karakter anak didik, di antaranya melalui pembacaan karya sastra
anak. Hal itu penting, karena karya sastra anak juga memiliki peran sebagai
‘movere’, yakni mendorong pembaca, khususnya anak-anak agar dapat
melakukan kegiatan yang baik/positif. Selain itu, karya sastra anak dapat juga
bersifat ‘docere’, yakni dapat memberi ajaran atau pendidikan. Melalui pembacaan
karya sastra anak, sangat diharapkan proyeksi nilai moralitas dan norma akan
berdiri kokh di dalam jiwa setiap anak didik. Hal itu dapat berfungsi memperkuat
karakter anak didik membedakan yang benar-salah, baik–buruk, pantas-tidak
pantas, sehingga dapat bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma yang
berlaku dalam kehidupannya.
Kata kunci: superego, anak didik, membaca, karya sasra anak
Publisher
FSB UNG
Contributor
-
Publish
2017
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 330 times