SCIENTIFIC WORK

Author
Herson Kadir
Subject
- Bahasa
Abstract
Superego selalu simetris dengan nilai dan norma dalam kehidupan. Superego ini sangat beperan penting dalam pembentukan karakter positif anak. Anak akan lebih mudah mengenal kebaikan dan menjadikan kebaikan tersebut sebagai landasan untuk bersikap dalam kehidupannya. Karakter anak dapat dibentuk melalui arahan dan pembinaan oang tua di rumah serta melalui pendidikan di sekolah. Pembentukan karakter anak didik di sekolah, salah satunya dapat dilakukan melalui gerakan literasi. Anak didik perlu dibina dan diarahkan pada pemilihan bahan bacaan yang tepat dan sesuai perkembangan jiwanya. Konten bacaan yang dianggap penting untuk mampu mengokohkan dan memberi penguatan terhadap pembinaan karakter anak didik, di antaranya melalui pembacaan karya sastra anak. Hal itu penting, karena karya sastra anak juga memiliki peran sebagai ‘movere’, yakni mendorong pembaca, khususnya anak-anak agar dapat melakukan kegiatan yang baik/positif. Selain itu, karya sastra anak dapat juga bersifat ‘docere’, yakni dapat memberi ajaran atau pendidikan. Melalui pembacaan karya sastra anak, sangat diharapkan proyeksi nilai moralitas dan norma akan berdiri kokh di dalam jiwa setiap anak didik. Hal itu dapat berfungsi memperkuat karakter anak didik membedakan yang benar-salah, baik–buruk, pantas-tidak pantas, sehingga dapat bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupannya. Kata kunci: superego, anak didik, membaca, karya sasra anak
Publisher
FSB UNG
Contributor
-
Publish
2017
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 334 times
Download