SCIENTIFIC WORK

Author
Ramli Utina
Subject
- Pendidikan
Abstract
Studi strategi pendidikan konservasi dimaksudkan agar sasaran didik lebih mendalami informasi tentang konservasi sumberdaya alam, dan memberi motivasi untuk mengembangkan praktek konservasi sumberdaya alam di wilayah pesisir. Diharapkan masyarakat sasaran pendidikan ini menjadi pelopor upaya konservasi sumberdaya alam laut dan pesisir. Metodologi studi adalah survey, diskusi terfokus, dan data dianalisis secara deskriptif. Lingkup studi mencakup pendidikan konservasi di luar sekolah untuk anak usia dini. Strategi pendidikan konservasi terdiri dari; wahana studi, permainan anak, dan majalah anak. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa, pendidikan konservasi sumberdaya alam sebagai bagian dari pendidikan lingkungan hidup harus mampu menginternalisasikan dan menanamkan nilai-nilai etika hubungan manusia dengan alam. Pendidikan konservasi sumberdaya alam harus dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku manusia terhadap lingkungannya. Kata kunci: strategi pendidikan, konservasi sumberdaya
Publisher
PSL-Universitas Riau
Contributor
BKPSL se Indonesia
Publish
2010
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 933 times
Download