Author
Yowan Tamu
Subject
- Ilmu Sosial
Abstract
Pembelajaran IPA SD dalam kompetensi ekosistem dan lingkungan dimaksudkan agar peserta didik memahami konsep ekosistem dan lingkungan serta memiliki karakter peduli terhadap lingkungannya. Pembentukan karakter peserta didik tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial-kultural dalam kehidupannya. Tujuan penelitian dalam jangka panjang adalah memberikan pemahaman konsep ekosistem secara kontekstual dan bermuatan nilai sosiokultural yang kemudian diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik terhadap alam dan lingkungannya. Tujuan khusus yang ingin dicapai adalah mengembangkan pembelajaran ekosistem pesisir berkarakter di SD wilayah pesisir dengan pendekatan sosiokultural. Metode penelitian ini menggunakan model four D (4.D), yaitu; Define (perencanaan), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Penelitian dilaksanakan dalam 3 tahun, yaitu: Tahun I, eksplorasi nilai-nilai sosial-kultural dan kearifan lokal masyarakat pesisir serta analisis kurikulum, peserta didik dan perangkat pembelajaran IPA SD dalam kompetensi ekosistem. Nilai sosiokultural dan kearifan lokal ini kemudian menjadi muatan dalam perumusan dan perancangan (define dan design) perangkat pembelajaran ekosistem pesisir berupa; bahan ajar, metode pembelajaran, media audio-visual,
LKPD, dan alat evaluasi kognitif dan afektif. Tahun II, pengembanganan
(development) perangkat pembelajaran ekosistem pesisir berkarakter melalui uji pakar, uji praktisi, uji kelompok kecil, uji kelompok besar, uji efektivitas. Tahun III, penyebarluasan (disseminate) melalui kegiatan workshop perangkat pembelajaran ekosistem pesisir berkarakter di sekolah dasar wilayah pesisir. Workshop diikuti guru IPA SD. Lokasi penelitian di sekolah dasar di wilayah pesisir Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Penelitian ini didasarkan pada topik riset unggulan UNG dalam Renstra/RIP (rencana induk penelitian) Universitas Negeri Gorontalo tahun 2014-2019 yaitu; pengembangan model pendidikan berbasis pembentukan karakter, dan pengembangan nilai-nilai kearifan
lokal dalam mengatasi problem sosial. Penelitian ini memberi kontribusi pula pada topik riset unggulan Fakultas MIPA, yaitu model pendidikan lingkungan hidup dan kearifan lokal, serta peningkatan kualitas dan hasil pembelajaran Biologi dan pemecahannya.
Publisher
Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
-
Publish
2017
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 497 times