Author
Yowan Tamu
Subject
- Ilmu Sosial
Abstract
Kurikulum 2013 mengamanatkan pembelajaran IPA SD dalam kompetensi dasar ekosistem dan lingkungan agar peserta didik memahami konsep ekosistem dan lingkungan serta memiliki karakter peduli terhadap lingkungannya. Karakter peserta didikdapat dibentuk dari nilai-nilai lingkungan sosial-kultural dalam kehidupannya baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. Tujuan penelitian dalam jangka panjang adalah memberikan pemahaman konsep ekosistem secara kontekstual dan bermuatan nilai-nilai sosiokultural kepada peserta didik di SD, yang kemudian diharapkan dapat terbentuk karakter peduli lingkungan peserta didik terhadap alam dan lingkungannya. Tujuan khusus yang ingin dicapai adalah menerapkan pembelajaran ekosistem pesisir berkarakter di SD wilayah pesisir dengan pendekatan sosiokultural. Penelitian ini sejalan dengan topik riset unggulan dalam Renstra Penelitian UNG tahun 2015-2019, yaitu; pengembangan model
pendidikan berbasis pembentukan karakter, dan pengembangan nilai-nilai kearifan lokal dalam mengatasi problem sosial di masyarakat. Penelitian ini terkait pula dengan topik riset unggulan Fakultas MIPA yaitu model pendidikan lingkungan hidup dan kearifan lokal, serta peningkatan kualitas dan hasil pembelajaran Biologi dan pemecahannya.Metode penelitian ini menggunakan model four D (4D),
yaitu;Define (perencanaan), Design (perancangan), Develop pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Penelitian dilaksanakan dalam 3 tahun, yaitu: Tahun I (2017) telah dilakukan eksplorasi nilai-nilai sosial-kultural dan kearifan lokal masyarakat pesisir serta analisis kurikulum, peserta didik dan perangkat pembelajaran IPA SD dalam kompetensi ekosistem. Nilai sosiokultural dan kearifan lokal ini kemudian menjadi muatan dalam perencanaan (tahap define) rancangan (design) perangkat pembelajaran ekosistem pesisir berkarakter, terdiri dari; bahan ajar, metode pembelajaran, media buku cerita, dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Tahun II (2018) ini telah dilakukanvalidasi pada lingkungan pembelajaran di SD pesisir terhadap rancangan (design) perangkat pembelajaran ekosistem pesisir berkarakter melalui; uji pakar,uji praktisidengan guru SD, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar dalam pembelajaran di SD. Lokasi penelitian di SD Negeri di wilayah pesisir di 3 (tiga) Kabupaten di Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian tahun II (2018) berupa perangkat pembelajaran ekosistem pesisir berkarakter untuk SD di wilayah pesisir yag siap diterapkan dan dikembangkan di SD pada tahun III. Luaran wajib yang dicapai adalah; publikasi di journal internasional Biodiversitas terindeks Scopus/Q4, Hak Cipta buku ajar (bersertifikat), dan Bahan ajar ber-ISBN. Luaran tambahan yang dicapai adalah; presentasi di International Conference on Biodiversity (ICB) Bandung, dan presentasi di Seminar Nasional Hayati II di Kediri.
Publisher
Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
-
Publish
2018
Material Type
LAPORAN PENELITIAN
Right
-
This files has been downloaded 651 times