SCIENTIFIC WORK

Author
Sumarno Ismail
Subject
- Pendidikan
Abstract
ABSTRAK Penguasaan keterampilan dasar mengajar mutlak bagi tenaga pengajar, karena dengan penguasaan itu melaksanakan pembelajaran tidak menjadi suatu beban. Terdapat 8 keterampilan dasar mengajar meliputi : (1) keterampilan membuka dan menutup pelajaran keterampilan bertanya, ( ) keterampilan menjelaskan, keterampilan memberi penguatan, (5) keterampilan mengadakan variasi, (6) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, (7) keterampilan mengelola kelas dan (8) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Untuk dapat menguasainya harus melalui proses latihan terbimbing, berlapis, terencana secara sistematis dan kontinu. Proses ini dapat dilakukan melalui strategi lesson study dengan 4 tahapan yakni Condisioning-Planning-Doing-Seeing (Co-Plan-Do-See). Strategi lesson study diartikan sebagai suatu keterampilan mengatur aktivitas dalam pembelajaran yang dikaitkan dengan usaha untuk menguasai keterampilan dasar mengajar melalui latihan terbimbingan dan mandiri. Kata Kunci: Keterampilan dasar mengajar, strategi lesson study
Publisher
Prosiding KNPM_6_Gororntalo_2015
Contributor
Pemakalah
Publish
2015
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 83587 times
Download