SCIENTIFIC WORK

Author
Muhammad Yusuf
Subject
- Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan Kelas yaitu mengamati proses pengembangan, dan implementasi perangkat pembelajaran. Penerapan di lapangan menggunakan rancangan penelitian One Group pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93,2% mahasiswa mampu mengembangkan, dan 87% mahasiswa mampu mengimplementasikan perangkat dengan baik, serta aktivitas mahasiswa selama kegiatan pembelajaran berkategori baik. Dengan demikian penggunaan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran Sains SD di Jurusan PGSD dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Key Words: Perangkat Pembelajaran, PAKEM, Pembelajaran Sains
Publisher
Buletin Sibermas: Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Penulis
Publish
2011
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 204 times
Download