SCIENTIFIC WORK

Author
Muhammad Yusuf
Subject
- Pendidikan
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran dengan mengimplementasikan model-model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran sains SMP. Pada makalah ini akan dibahas sebagian dari hasil penelitian tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran berbasis masalah. Perangkat pembelajaran dikembangkan berdasarkan langkah-langkah menurut Thiagarajan (4D). Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data aktivitas siswa adalah metode observasi dan angket. Hasil analisis validitas perangkat pembelajaran tentang penilaian aktivitas siswa adalah baik dan layak digunakan pada siswa SMP kelas VIII pada pelajaran Sains. Sedangkan hasil analisis penilaian aktivitas siswa adalah memuaskan pada kegiatan saling membantu teman untuk perilaku berkarakter dan bekerja sama/komunikasi untuk keterampilan sosial. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model-model Pembelajaran Berbasis Masalah
Publisher
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya
Contributor
Pemakalah
Publish
2014
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 138 times
Download